Home / Kuliner / Lontong Balap Kota Pahlawan

Lontong Balap Kota Pahlawan

Lontong balap adalah makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, erbeda dengan lentho yang dipakai sekarang), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang.

lontong-balap

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, Lontong Balap ini awalnya dijajakan oleh para penjual dengan membawa kemaron, yaitu wadah yang terbuat dari tanah liat. Pada jaman dahulu mereka menjajakannya ke pasar dengan memikul kemaron tersebut. Karena banyaknya penjual Lontong Balap dan terbatasnya kapasitas pasar, kemudian mereka cepat – cepat untuk mengambil tempat yang ada di pasar untuk berjualan. Dari perjalanan mereka yang terkesan balapan itulah kemudian lontong yang mereka jajakan disebut Lontong Balap.

foto : warungkulinernusantara
foto : warungkulinernusantara

Lontong Balap ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, dan kuah yang terbuat dari bahan khusus. Dalam proses pembuatannya, lontong dipotong – potong sesuai dengan ukuran biasanya, kemudian ditumpangi tahu irisan tahu goreng dan lentho. Lentho sendiri merupakan makanan berbentuk bulat kecil yang di dalamnya ada kacangnya. kemudian bahan tersebut ditumpangi lagi dengan taoge yang sudah direbus setengah matang. Untuk taoge ini biasanya memiliki porsi yang lebih banyak daripada bahan lainnya.

lontong-balap-3

Dalam penyajiannya, bahan yang sudah disusun tadi kemudian disiram secukupnya dengan kuah yang dibuat dengan bumbu khusus. Kemudian disirami juga dengan sambal bajak dan ditaburi dengan bawang goreng diatasnya. Lontong Balap ini sangat pas bila dinikmati bersama dengan kerupuk dan sate kerang yang menjadi menu pendampingnya.

Ojo Lali nyobain enaknya Lontong Balap Khas Kota Pahlawan….

About yudhi nurdiyansyah

Check Also

Cemilan Manis dari Banten

KULINER, aktivitas yang harusnya tidak tertinggal saat travelling. Nah.. kenalkan “Kue PASUNG” salah satu jajanan …

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *