Home / Blog / Gunung / Liputan Trip Pendakian Gunung Bongkok Part #9

Liputan Trip Pendakian Gunung Bongkok Part #9

Kecil-kecil cabe rawit. Kira-kira begitulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan Gunung Bongkok.

Gunung dengan ketinggian 975mdpl ini terletak di Desa Cikandang, Purwakarta. Meskipun tingginya tidak mencapai 1000mdpl, Gunung Bongkok sudah menawarkan panorama yang luar biasa menakjubkan yaitu waduk jatiluhur.

Nah, tanggal 4-5 November lalu, Backpacker Jakarta kembali mengadakan pendakiannya ke Gunung Bongkok untuk yang ke sembilan kalinya. Trip yang diikuti oleh 41 orang peserta ini meeting point di Stasiun Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Untuk share cost nya sendiri dikenakan biaya Rp99.441,- untuk member dan Rp120.441,- untuk non member Bpj.

Dengan memilih kereta keberangkatan jam 16.15, kami semua berkumpul di lokasi mepo yang sudah ditentukan. Sejak jam 13.00, satu persatu peserta trip mulai berdatangan. Kamipun berkenalan satu sama lain. Jarak tempuh dari Jakarta menuju Purwakarta memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Ketika sudah mendapatkan tempat duduk masing-masing, ada yang langsung mengambil posisi untuk tidur, namun tak sedikit pula dari kami yang saling bercerita dan bercanda selama perjalanan tersebut.

Tepat jam 19.00 kami tiba di Stasiun Purwakarta. Kami diberikan waktu oleh CP untuk melakukan aktifitas bebas sampai dengan jam 22.00. Ada yang memilih berwisata kuliner di sekitar stasiun, ada yang menyaksikan air mancur di Taman Sri Baduga, dan ada pula yang memilih untuk berkeliling di Alun-Alun Purwakarta sambil menikmati suasana malam di Kota yang dikenal dengan julukan Kota Tasbih tersebut.

Waktu menunjukan pukul 22.00. Jemputan pun datang. Sebuah mobil truk pasir dan mobil losbak. Kurang lebih jam 24.00 kami sampai di basecamp. Ka Amiral dan Ka Faiz selaku CP pada trip kali ini menganjurkan kami membeli makanan dan air minum untuk pendakian esok hari. Setelah itu, kami berjalan sedikit ke atas untuk beristirahat. Jam 04.00 setelah adzan subuh berkumandang, kami pun bergegas untuk melakukan pendakian ke Gunung Bongkok.

CP Amiral Arif
CP Faiz

Untuk mendaki Gunung Bongkok, normalnya dibutuhkan waktu 1-2jam. Treknya sendiri bisa dibilang terjal. Kenapa? Karena jalurnya pure 100% hutan yang terdiri dari tanah merah dan bebatuan besar. Bahkan di beberapa titik disediakan webing untuk membantu kami saat mendaki. Kendala yang sangat dirasakan para peserta adalah kondisi jalur yang licin akibat hujan semalaman. Maka dibutuhkan kehati-hatian ekstra saat pendakian kemarin.

Banyaknya jumah peserta yang ikut pada trip kali ini menjadi salah satu kendala juga. Karena kami harus bergantian saat mendaki yang menyebabkan waktu pendakian menjadi lebih lama dari biasanya. Begitu pula saat turun. Tapi suasana fun yang dibangun sedari berkumpul di Mepo keberangkatan menjadikan trip ini tetap menyenangkan.

Gunung Bongkok memiliki 2 puncak. Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk. Untuk kalian yang ingin menikmati sunrise sambil menatap keindahan Waduk Jatiluhur, pilihlah Puncak Datar. Sedangkan di Puncak Batu Tumpuk dibatasi hanya 10 orang yang bisa naik ke atas karena tempatnya yang sempit dan sangat terjal.

Saat itu kami dibagi menjadi 2 kelompok; yang ingin ke Puncak Batu Tumpuk Didampingi Ka Amiral, dan ke Puncak Datar didampingi oleh Ka Faiz. Setelah sampai di masing-masing puncaknya, kami bersantai sejenak. Menikmati secangkir kopi sambil menatap eloknya Kota Purwakarta dari ketinggian.

Jam 08.00 kami kembali turun. Jam 10.00 sampai basecamp. Fasilitas yang disedikan di basecamp Gunung Bongkok ini terbilang lengkap. Ada warung, toilet yang bersih, parkiran yang luas, serta ada rumah warga yang disediakan untuk sholat bagi yang Muslim. Ketika sampai di basecamp, sebagian dari kami ada yang langsung menyerbu kamar mandi untuk membersihkan badan, sebagain lagi ada yang lari ke warung. Indomie rebus dan Nutrisari dingin sudah menjadi incaran kami sedari tadi. Kami pun langsung menyantapnya sambil menunggu jemputan datang.

Jam 11.00 kami menuju Stasiun Purwakarta untuk kembali pulang ke Jakarta. Dan sekitar jam 18.00 kami tiba kembali di Jakarta dengan sehat, selamat, dan bahagia.

Testimoni :

1. RismaRS, BPJ #28 : Bongkok pertamaku. Jalur yang jauh dari yang dibayangkan. Bener-bener gak cuma ngandelin kaki, tapi tangan juga, sama pikiran yang harus fokus, jangan karna perut laper dan pengen buru-buru makan sampai akhirnya kepeleset 3x. Intinya seru dan selalu bikin ketagihan buat nanjak.

2. Ayu, BPJ #32 : Overall ini menyenangkan sekali. Time management nya bagus, persiapan dan sebagainya juga bagus, kakak cepe nya baik banget, care sama membernya, adil (gak beda bedain orang, baik yang member maupun  non member) pokoknya fun lah.

List peserta :

1. Ratna, BPJ #32
2. Ayu, BPJ #32
3. Fitria, BPJ #26
4. Icha, BPJ #32
5. Dede mecca, BPJ #19
6. Yulyana, BPJ #19
7. Hakiki, BPJ #11
8. Egot, BPJ #17
9. Nopri, BPJ #1
10. Nur indah, BPJ #17
11. Tika, BPJ #17
12. Kamal, BPJ #2
13. Andika, BPJ #26
14. RismaRS, BPJ #28
15. Sugeng, BPJ #10
16. Nurkholis imam a, BPJ #19
17. Ocid, BPJ #27
18. Deindi, BPJ #24
19. Setya, BPJ #30
20. Lydia, btl
21. Winda, BPJ #32
22. Indra didi, BPJ #28
23. Dhaka nanda, BPJ #27
24. Ronny, BPJ #26
25. Rahma, BPJ #28

Non member
1. Ajicbs
2. Jabbar
3. Hikki
4. Freddy
5. Satria
6. Chintya
7. Sisca
8. Rayi
9. Klara
10. Sarah
11. Nanda
12. Nover
13. Kathin chan
14. Putri
15. Laras
16. Nanto

Editor : @febe_shinta

About Rahma (@_raahmaaa)

Check Also

Bukit Moko, Keindahan Dari Atap Kota Bandung

Bukit Moko, merupakan sebuah bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 1500mdpl. Bukit ini terletak di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *