Home / Blog / Alam & Taman / Liputan Trip Eksplore Kawah Ratu Part 4 Backpacker Jakarta

Liputan Trip Eksplore Kawah Ratu Part 4 Backpacker Jakarta

Sabtu, 23 September 2017 kemarin Backpacker Jakarta (BPJ) kembali mengadakan trip Ekplore Kawah Ratu untuk yang ke 4 kalinya. Trip yang hanya di adakan satu hari ini diikuti oleh lebih dari 40 peserta dengan koordinator Trip alias CP 3 orang yakni Lusia, Zaenal & Emye.

Para CP Kawah Ratu part #4

Trip dengan biaya sharecost Rp95.000,- ini dimulai dari lokasi meeting point yang berlokasi di sebelah KFC stasiun Bogor pukul 07.00 pagi. Setelah absen dan peserta sudah berkumpul rombongan kemudian berangkat menuju kawasan wisata gunung Halimun Salak tempat dimana kawah ratu berada. Berbicara soal kawah ratu, tak lepas dari keangkeran gunung salak. Uniknya kawah ini adalah Kawah Ratu dilintasi oleh aliran Sungai Cikuluwung sepanjang kira-kira 1 km dan berada pada ketinggian sekitar 1.437 mdpl.

Ada 4 angkot yang kita sewa untuk mengantar kita kekawasan Gunung Halimun Salak mengingat tidak ada kendaraan umum yang melalui kawasan tersebut. Tepat pukul 10:00 kita memasuki kawasan wisata dan membeli tiket masuk kawasan seharga Rp12.500,-/peserta. Setelah briefing dan berdoa bersama kami melanjutkan perjalanan menuju parkiran kendaraan dan kami harus bersiap untuk melakukan Tracking ke kawah ratu.

Brefing sebelum jalan

Setelah semua peserta siap melakukan tracking kita akhirnya berangkat bareng melawati beberapa jalur atau tracking yang cukup menantang mulai dari melewati jalur menanjak, jalur berair dan bebatuan. Oh ya sebelumnya ternyata sebelum masuk kawasan Kawah Ratu kita juga kembali harus membayar retribusi masuk lagi. Hemmm biasalah Jawa Barat semua wisatanya selalu banyak pungutan biayanya. Setelah negosiasi pengurangan biaya tiket masuk disepakati satu rombongan membayar Rp 360.000 plus materai dan menahan KTP salah satu cp sebagai jaminan.

Tracking Menuju Kawah ratu

Perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan harus dilewati dan beratnya medan membuat kita cukup banyak menguras tenaga. Namun selama perjalanan cukup seru mengingat banyak temen-temen BPJ yang bisa menghibur teman-teman lainya melalui candaan yang kadang suka garing hee.

Foto Bareng dulu biar semangat

Beberapa kali kita melewati atau berpapasan dengan beberapa rombongan lainya yang akan bercamping ria dekat kawasan kawah ratu. Sekitar 3 jam perjalanan kami akhirnya kita tiba dilokasi yang dinantikan yakni kawasan wisata Kawah Ratu. Sebelum masuk kawasan Kawah ratu yang aktif, kalian akan bertemu dulu dengan kawah ratu yang sudah tidak aktif lagi, nah dari sana sekitar 10 menit kalian harus jalan lagi menuju kawah aktif.

Kawah Ratu yang sudah Mati

Kawah Ratu yang masih Aktif

Kawah Ratu memang masih aktif  dan mengeluarkan asap berbaur belerang dimana airnya juga masih mendidih . Dari sanalah muncul aroma belerang yang cukup menyengat sehingga disarankan buat siapa saja yang akan ketempat ini untuk membawa masker.

Foto keluarga bersama semua peserta
Yang dinanti Foto keceh

Pukul 13.00 siang kita menikmati bekal makan siang bersama dulu sebelum memulai berfoto ria atau menikmati keindahan kawah ratu dari berbagai sudut. Beberapa diantara rombongan masih melaksanakan ibadah sholat Zuhur dulu setelah makan siang dan setelah itu semua peserta berfoto bersama dikawah ratu untuk dokumentasi trip.

Serba Merah

Tema baju atau dress code trip kali ini adalah bewarna Merah dan ini dia peserta yang meramaikan trip dengan memakai baju merah dilengkapi atribut foto-foto keren lainnya. Setelah Puas menikmati keindahan Kawah ratu dengan pesona alam disekitarnya, tepat pukul 15.00 sore kami memutuskan untuk kembali turun mengingat cuaca sudah mulai mendung bertanda akan turun hujan.

Hujan aja masih pada narsis

Benar saja tak berapa lama kita turun hujan deraspun mulai datang dan sedikit menghambat perjalanan kita mengingat derasnya air yang harus kita lewati disepanjang jalur tracking. Beruntung sebelum keberangkatan semua peserta sudah diinfokan mengenai perlengkapan apa yang harus dibawa diantaranya headlamp/ senter dan jas hujan. Pukul 18.00 rombongan terakhir tiba diparkiran dan berisitirahat sejenak untuk membersihkan badan dan berganti pakaian.

Bonus Foto Biar CPNY bahagia

Selagi menikmati makan malam, temen-temen CP akhirnya membagikan Hadiah Trip untuk berberbagai kategori dimana hadiah trip kali ini adalah berupa cangkir dari @bpjstore. Beberapa kategori hadiah yakni untuk peserta termuda-tertua, peserta datang paling ontime, peserta yang membackup peserta lainya dari awal dan pulang sampai peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari cp. Pukul 19.00 setelah semuanya selesai makan dan istirahat kita kembali pulang menuju stasiun Bogor dan kembali pulang kerumah masing-masing.

LIST PESERTA KAWAH RATU #4

1. Dika #26
2. Renny #27
3. Nopriadi #1
4. Asri #5
5. Debora #5
6. Arti #5
7. Asrul #3
8. Nova #6
9. Ichal #19
10. Ricko #3
11. Nisa #19
12. Taqi #14
13. Yos #non
14. Chandra #13
15. Elva #24
16. Dicka #Wekdayholiday
17. Ary #semu
18. Evi #10
19. Ani #10
20. Lambertus #30
21. Cici BPJ #11
22. Risti #28
23. Dian #semu
24. Vika #nonrt
25. Rizki #nonrt
26. Widi #8
27. April #nonrt
28. Dinda #nonRT
29. Hafni #32
30. Linda #nonRT
31. Daus #27
32. Abay #3
33. Emir #32
34. putri #31
35. putri #28
36. Firman #17
37. Prawesthi #22
38. Dhini #nonRT
39. Aris #15
40. Mida #nonRT
41. Nur Yakin #21

Berikut ini Beberapa testimoni dari peserta Trip

PUTRI BPJ #28 – @xputrii

mengenai destinasi satu ini pas banget sama aku yang suka sama trip2 odt yg menantang. sewaktu perjalanan menuju kawahnya tracking lumayan juga jarak tempuhnya, tapi worth banget waktu sampai di kawah mati. darisini udah bisa tercium aroma belerang tp belum terlalu pekat, baru kawah mati aja udah terpukau. lanjut jalan lagi gaa berapa lama sekitar 10 menit aku disuguhi pemandangan luaaar biasa. ya, Kawah Ratu. dari jauh bisa liat pemandangan penuh asap putih dan aroma belerang yg menyengat. langsung aku ambil kamera + kain etnik dari lombok buat memanfaatkan moment yang belum tentu aku datengin suatu hari nanti. gaa perlu jauh2 pergi ke pelosok dunia, di Bogor aja bisa nemuin wisata seindah ini. i love Indonesia

NUR IRAWATI BPJ #22 – @prawesthieka

Finally! Sudah lama ingin ke TNGHS tp selalu urung karena udah parno duluan. Alhamdulillah, bareng BPJ 23 September lalu dapet kesempatan untuk ke Salak, walaupun cuma trekking sampai ke kawah ratu. Sekitar 40 orang kami meramaikan jalur trekking hari itu, ketemu teman baru yg kocak dan seruuuu. Gunung Salak tak melulu soal cerita mistis di dalamnya. Banyak pemandangan cantik nan uhuy yg bisa kita nikmati sepanjang perjalanan. What a breathtaking view!

EVI BPJ #10 – @iamevipuzpita

Dari trek yang berbatu sampai trek basah diselingi dengan pohon-pohon lebat dan berlumut ditemani suara gemericik air dari celah-celah bebatuan. Rasa lelahnya tak terasa saat diperjalanan

CICI SARAH BPJ #11

Kenangan dengan mantan bisa kulupakan . Tapi kenangan trip kawah ratu yg ini ga akan bisa kulupakan. Kaka cepeh & pesertanya ruaarr biasa akrabnya. Canda & tawa menghiasi prjalanan… Cieee.

ASRUL BPJ #3 – @Asrul Anwar

Aku puas karena Bpj bisa lihat kawa ratu dan alam yang indah terbayar dengan semua lelah pada saat berjalan

ELVA BPJ #24 – @pemulungkenangan

Wisata dg treking rumayan buat yg belum pernah naik gunung perlu dicoba. Pemandangan serta view yg luarbiasa bisa ditemukan di dekat ibukota. Udah bisa kan gw fto ala2 pilm titanic… Krg jack y doank.

DINDA BPJ #28 – @diindanilam

Kawah ratu bareng BPJ itu trip pertama kali, awal kenal BPJ untuk join jadi member.. Dan sanking serunya trip bareng BPJ ke kawah ratu ini, alu jadi fikss buat member dan sekarang RT 28.. Seru, gokil, kocak.. Seneng deh… Thanks BPJ yg buat kesan manis di trip kemaren

SINAGA BPJ #30 – @lambertusnaga

Pada destinasi ini kita akan disajikan karya ajaib Sang Pencipta untuk Indonesia. Sepanjang perjalanan menuju ke Kawah Ratu kita akan menemukan air segar nan jernih yg mengalir di antara pepohonan hijau bahkan di sela-sela kaki kita.. Pepohonan dan bebatuan yg terkena air belerang juga tak kalah eksotisnya. Sesampainya di Puncak Kawah Ratu, kita akan melihat sangat jelas seluruh karya ajaib sang pencipta yg sudah kita lewati tadi. Pesona semilir Asap Kawah Ratu berhembus di antara bebatuan dengan sangat indah nya. Sungguh Indonesia sangat kaya teman! Nikmati dan lestarikan! Salam

ASRI BPJ #5 – @laksmi_saraswati 

Mengisi kekosongan libur di weekend kali ini gw & arti, sepupu yg selalu curhat tp ga pernah bs move on memutuskan buat ikutan trip odt bpj ke kawah ratu yg konon nih ad di wilayah jalur gunung salak yg terkenal angker. Hiking tsb disponsori @artireny. Jalan sebentar cekrek, nemu spot aneh dikit selfie… untung aj cp back up annya sabar nunggu… klo ga entahlah (makasih ya babang @zaenal_alvin yg selalu setia setiap saat buat Qmi kek rexona✌). Biasanya nih klo odt an agak ngegrup gitu karena dah punya kelompok jalan barengan masing2 jadilah Qta kurang kenal satu dgn yg lain. Tapi perjalanan kmrn sangatlah berbeda, gw yg udah tua aj ( gegara umur paling banyak jd dpt doorprice mug bpj yg cantik… mksh bpj 😻 )bs kenal pesertanya satu persatu… meski hapalnya pas maghrib di warung 😂. Dan inilah Qmi… yg ga muda lagi tp masih pecicilan… menikmati hidup dgn memanfaatkan hari libur disela2 pekerjaan… sebab usia bukan halangan tuk terus berpetualang.

RIKO BPJ #3 – @rikoseptiawan

Keren banget traking bersama temen2 BpJ sekaligus trip perdana gua di bpj, banyak yg gua dpt mulai dr temen baru pengalaman baru gebetan baru ahaha yg pasti dpt foto2 mayan buat posting di ig sama ganti pp watsapp, next makin ketagihan lagi ikut trip bpj, sukses selalu bpj.

RISTI BPJ #28 – @dharis27

Alhamdulillah aku seneng bisa ikut trip bareng BPJ 😊 trip pertama itu bener2 butuh perjuangan banget sampe 3jam jalan kaki & selama perjalanan tuh menantang banget sampe mandi keringet😆 maklum baru pertama kali soalnya 😂. Thanks BPJ untuk trip yg luar biasa

NOFRI BPJ #1 – @nopri__

trip kali ini bukan jauh dekatnya perjalanan, namun bagaimana bisa pergi bersama dan pulang bersama 🏞 #terimakasihBPJ

TAQI BPJ #14 – @acakadut

trip ke kawah ratu kali ini pesertanya niat2 amat, mulai dari seragam merah, payung rainbow, balon, pompa balon, bendera, dll.. propertinya bikin poto2 kite tambah keceh.. saran kesini mending pake sendal gunung deh, kalo pake sepatu bakal basah kuyup kaki kite krn traknya byk dilalui air sungai dan benatuan.. overal BPJ mantaps jiwa!!

Berikut ini Rincian Sharecost / Pengeluaran Trip.

Pemasukkan
Non Member 6 x 115,140 = Rp. 690,840
Member 34 x 95,142 = Rp. 3,234,828
Tambahan 1 x Rp. 100,000

Total Pemasukkan Rp. 4,025,668

Pengeluaran :

Tiket masuk utama Rp. 500,000
Simaksi + materai 360,000
Parkir 40,000
Angkot 1,400,000
CP(Edy,Zaenal & Lusia) 150,000
Balon 12,000 (belum dikasih kelusia)
Doorpize 10 x 15,000 = Rp. 150,000
Tips supir Rp. 100,000
Makan2 psera 40org x 10,000 = Rp. 400,000
Donasi Sekre 40 x 10,000 = Rp. 400,000

Total pengeluaran Rp. 3,462,000

Sisa donasi Rp. 4,025,668 – 3,462,000 = Rp. 563,688

Doc by all peserta Trip

See You Next Trip Guys.

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Chapter 2 : Liputan Trip Pendakian Perdana Gunung Kerinci, Gunung Hulu Sangir dan Danau Gunung Tujuh, Jambi

17 September 2017 Tek tok tek tok… Jam 02:00 dinihari pun tiba, kami semua sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *