Home / Liputan Trip / Liputan Trip Backpacker Jakarta Explore Ujung Kulon Part #10

Liputan Trip Backpacker Jakarta Explore Ujung Kulon Part #10

Melihat hewan dan tumbuhan liar, karang-karang yang besar, serta pantai pasir putih yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon bener-bener menjadi daya tarik ‘para pejalan’ belakangan ini. Nah, ngga mau ketinggalan, komunitas kita yang kece badai ini ngadain trip ke Ujung Kulon untuk yang ke-10 kalinya loh. Wooowww

Trip yang diadakan pada tanggal 22-23 Oktober ini diikuti oleh 27 orang. Dengan dikoordinir oleh Dody Senjaya (#15) dan Almira (#15), trip Ujung Kulon part 10 ini dibandrol dengan biaya sharecost sebesar Rp390.210,- (member) dan Rp410.210,- (non member). Seperti biasa, Sekretariat BPJ tercinta kita dijadikan titik kumpul dengan jam keberangkatan 22.00 waktu setempat.

Dimana sih Taman Nasional Ujung Kulon tuh? Di Ujung Kulon? Ujung Kulon itu dimana ya? Hmm.. Jadi, Taman Nasional Ujung Kulon berlokasi di Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Deket kan? :D

Tau ngga sih kalau Taman Nasional Ujung Kulon termasuk situs warisan alam dunia? Yap! TN Ujung Kulon ini masuk kedalam Situs Warisan Alam Dunia yang dinaungi oleh UNESCO. Nah, disini kita bisa lihat langsung flora dan fauna liar seperti monyet, babi hutan, dan tumbuhan liar lain nya. Selain itu, ada karang-karang raksasa yang bisa kita nikmati di Karang Copong. Ada lagi nih yang bikin kita makin betah mengeksplore TN ujung Kulon. Disini, kita bisa snorkling juga loh guys.

Selama trip ini berlangsung, teman-teman BPJ mengunjungi beberapa icon dari Taman Nasional Ujung Kulon itu sendiri, seperti Pulau Peucang, Karang Copong, Pulau Cidaon, dan Pulau Panitan.

Di Kapal

Seperti yang sudah disebutkan, di Pulau Peucang kami melihat langsung hewan-hewan liar seperti kadal, monyet, sampai babi hutan.

Pulau Peucang

Setelah itu, kami menuju Karang Copong. Butuh waktu sekitar 3 jam untuk mencapai tempat ini dari dermaga penyebrangan. Tapi jangan khawatir, karna sepanjang perjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan yang ciamik, diantaranya tumbuhan yang usianya sudah ratusan tahun, serta hewan-hewan liar seperti rusa dan burung merak hitam.

Trekking ke Karang Copong melewati Pohon yang Usia nya sudah ratusan tahun

Sesampainya di Karang Copong, kami langsung berfoto di icon nya tempat ini, yaitu sebuah karang raksasa yang berlubang di tengahnya. Itulah kenapa pulau ini dinamakan Karang Copong. Tak jauh dari situ, ada sebuah pantai berpasir putih yang indah. Kami pun menyempatkan diri untuk bermain air disana.

Setelah puas mengeksplore Karang Copong, kami beranjak ke Pulau Cidaon. Eits.. Untuk urusan perut tetep nomor 1 ya… Sebelum menuju ke Cidaon, kami sempatkan untuk makan di warung terdekat. Makan nya makan apa, Kak? Tetep ngga jauh-jauh dari mie instan. Hehehe

Untuk bisa sampai Pulau Cidaon, kami hanya perlu tracking sekitar 30 menit. Lagi-lagi kami bertemu satwa liar. Sekarang giliran kambing, rusa, dan kerbau. Setelah itu kami memasuki area hutan bakau. View seperti ini tentunya tak luput dari bidikan kamera dong. Semua peserta pun terlihat antusias mengeluarkan ‘peralatan tempurnya’.

Pulau Cidaon

Tujuan selanjutnya adalah Pulau Panitan. Daya tarik dari Pulau ini adalah terumbu karangnya yang cantik. So, ngga pake mikir panjang kita langsung snorkling… yeay! Selesai snorkling, kami langsung bagi tugas. Teman-teman pria bergegas mendirikan tenda, sedangkan yang wanita langsung menjelma sebagaimana kodratnya yaitu masak di dapur untuk makan malam :D

Malamnya, kami semua berkumpul, beramah-tamah, dan bergembira bersama. Tak hanya sekedar berkenalan satu sama lain, disini kamipun mengadakan games yang bertabur doorprize dan dimenangkan oleh Rizki, Lina, dan Tri. Sayangnya, angin malam saat itu berhembus kenceng banget, jadi kita kurang bisa menikmati suasananya. Tapi asalkan bareng teman-teman BPJ semua tetep terasa indah deh…

Makan Malam di Pulau Panitan

Keesokan harinya setelah selesai sholat subuh dan sarapan, semua peserta trip berkemas untuk menuju destinasi selanjutnya. Tepat jam 7.30 pagi, kami semua bertolak ke Pulau Badul. Banyak sekali yang bisa dieksplore disana. Diantaranya, sebuah pulau yang besarnya hanya seukuran lapangan basket, snorkling untuk melihat patung badak di dalam laut serta terumbu karang yang cantik-cantik. Beberapa dari kami asyik menikmati keeksotisan Pulau Badul, namun sebagian lainnya hanya duduk-duduk di deck kapal untuk berfoto.

Snorkling di Pulau Badul

Ada kejadian yang sempat membuat kami semua tegang saat berada di Pulau Badul ketika Rama dan Ali (peserta trip) hendak kembali ke kapal setelah mengeksplore pulau yang besarnya hanya seukuran lapangan basket. Mereka berdua berenang ke arah kapal kami, namun Rama sampai lebih dulu. Sedangkan Ali terlihat mengulurkan tangan nya ketika Rama sudah naik ke atas kapal. Kami semua mengira bahwa Ali tengah perpose untuk di foto, tapi ternyata Ali berteriak bahwa Ia kehabisan nafas karena arus air yang cukup besar pada saat itu. Alhasil, ABK Kapal dan Londo langsung berenang untuk menyelamatkan Ali. Untungnya, Ali dan teman-teman yang lain selamat dan sehat.

Yap, Pulau Badul tadi menjadi destinasi terakhir pada trip kali ini. Kami pun kembali ke Desa Sumur untuk bersih-bersih dan ISHOMA. Tepat jam 3 sore, kami pulang menuju Jakarta. Perjalanan terbilang cukup lancar, jam 10 malam kami tiba di Sekret BPJ. Trip Explore Ujung Kulon part 10 pun selesai.

Sedikit saran dari kami, untuk yang mabuk laut wajib minum obat anti mabuk karena ombak disana cukup tinggi. 1 lagi, obat anti nyamuk. Disarankan untuk membawa ini ya karena serangga nya nakal-nakal dan bertebaran dimana-mana.

Testimoni

Tri BPJ 1 : Trip paling disiplin yang pernah gue ikutin di BPJ.
Multi BPJ 14 : Trip paling tepat waktu, anaknya seru-seru, semoga bisa trip bareng lagi.

List Peserta Trip

1. Aya BPJ #15
2. Intan BPJ NON
3. Berta BPJ #31
4. Harisca BPJ #31
5. Novi BPJ NON
6. Moro BPJ NON
7. Londo BPJ #27
8. Ervan BPJ #20
9. Hafiz BPJ #10
10. Novsa BPJ #27
11. Endah BPJ #18
12. Neni BPJ NON
13. Tri BPJ #1
14. Kurniawan BPJ #1
15. Lina BPJ #21
16. Adel BPJ NON
17. Ali BPJ NON
18. Rika BPJ NON
19. Ade BPJ #13
20. Anto BPJ #14
21. Ochi BPJ Klub Renang
22. Kiki BPJ NON
23. Nandot BPJ #14
24. Rama BPJ NON
25. Rizky BPJ #LARI
26. Multy BPJ #14
27. Eca BPJ 27

Editor : @febe_shinta

About Rahma (@_raahmaaa)

Check Also

Liputan Trip Eksplore Banyuwangi Part 10

Untuk ke 10 kalinya Backpacker Jakarta berkesempatan mengadakan Trip Ke Banyuwangi dan beberapa kota lainya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *