Home / Kuliner / Kuliner Tradisional Mie Sagu Khas Pontianak, Kalimantan Barat

Kuliner Tradisional Mie Sagu Khas Pontianak, Kalimantan Barat

Seperti namanya Mie Sagu, makanan khas dari Kota Pontianak Kalimantan Barat ini terbuat dari bahan baku utama sagu. Kuliner warisan dari nenek moyang ini menjadi makanan andalan yang dikonsumsi masyarakat sebagai menu sarapan di pagi hari. Tak heran jika para pengunjung kota ini, akan mulai berburu kuliner terkenal ini karena cita rasa khasnya yang berbeda dari mie sagu.

sumber foto: iandini.wordpress.com   

Banyaknya pohon-pohon sagu yang tumbuh di dataran Kalimantan ini sengaja dimanfaatkan sebagai sumber bahan makanan yang nikmat. Pohon sagu sendiri tumbuh dengan alami bahkan dibudidayakan. Dalam proses pembuatan mie ini juga masih tergolong tradisional, tanpa bahan pengawet.  Dengan mengutamakan cita rasa, mie sagu dibuat dengan resep rahasia yang diwariskan secara turun-temurun oleh pendahulunya. Pembuatan mie dengan cara diuleni seperti mie lainnya, kemudian dikombinasikan dengan sajian pelengkap misalnya kecambah, daging, daun kucai  ditambah bumbu merica untuk aroma pedas.

 

sumber foto: ceritasondha.com

Mie khas Pontianak ini, memiliki tekstur yang kenyal namun lembut ketika dikunyah. Penampakannya mie biasanya pipih lebar dan berwarna bening seperti bihun. Tak sekedar mengenyangkan ternyata mie sagu ini juga memiliki manfaat yang tak terduga. Kandungan karbohidratnya yang rendah menjadi santapan yang aman bagi penderita diabetes, karena dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Dalam penyajiannya biasanya dikolaborasikan dengan telur, sosis, ebi, udang, bakso hingga aneka vegetarian.

 

Yang membuat mie andalan Kalimantan Barat ini tampak lain dengan mie sagu biasanya yakni, bumbu kuah kaldunya, meskipun mie ini juga bisa disajikan dalam bentuk goreng sesuai selera. Mie ini akan semakin nikmat disantap saat cuaca dingin sambil menikmati pemandangan khas Pontianak. Untuk bisa menemukannya kuliner tradisional ini juga sangat mudah karena warung-warung di sepanjang jalan Kota Pontianak banyak yang menjualnya.

 

 

Sumber: pontianak.tribunnews.com

About Defi Susisusanti

Foto Profil dari Defi Susisusanti
Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Kuliner Tempoyak Asam Pedas dari Kalimantan Barat

Berkunjung ke Kota yang dijuluki Borneo, memang tak akan lega jika belum merasakan berbagai macam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *