Home / Kuliner / Kuliner Tempoyak Asam Pedas dari Kalimantan Barat

Kuliner Tempoyak Asam Pedas dari Kalimantan Barat

Berkunjung ke Kota yang dijuluki Borneo, memang tak akan lega jika belum merasakan berbagai macam sensai kuliner khasnya. Keanekaragaman varietas ikan tawar yang tersebar di perairan Sungai Kapuas, menjadikan Kota ini begitu dilirik akan kekayaan kulinernya yang berbahan dasar ikan. Kali ini, kita akan coba mencoba mengulik sedikit salah satu kuliner khas dari Ketapang dan Pontianak yang dikenal dengan nama Asam Pedas Tempoyak.

kulinerkalimantan.wordpress.com

Tempoyak merupakan bumbu yang terbuat dari bahan berupa daging buah durian yang telah mengalami proses fermentasi. Tempoyak sendiri sangat terkenal di daerah Sumatera, khususnya Bengkulu. Aroma durian yang menyengat justru sangat cocok dipadukan dengan masakan ikan dari Kalimantan Barat ini. Berbahan utama ikan, maka untuk memasak ikan asama pedas ini digunakan jenis ikan pilihan yang masih segar. Ikan yang digunakan adalah ikan dengan tekstur daging yang tebal dan tidak memiliki banyak tulang, seperti ikan patin dan ikan angsam.

 

midwifetrandy.blogspot.com

Jenis ikan diatas kemudian dibumbui dengan bumbu uleg dengan pewarna alami dari kunyit ditambah serai, jahe dan lengkuas untuk menambah kekayaan bumbu pada masakan.Untuk menciptakan rasa dahsyatnya, tempoyak tadi ditambahkan sehingga aroma yang keluar benar-benar menggoda. Kombinasi aroma tempoyak dengan lembutnya daging ikan pilihan dalam satu kuah kaldu yang gurih dijamin bikin kamu ketagihan sekali mencicipinya. Makanan yang begitu terkenal di Kota Pontianak dan Ketapang ini menjadi kudapan istimewa dengan tampilan kaldu kuningnya yang cantik.

namusati2014.wordpress.com

Penasaran seperti apa rasa Asam Pedas Tempoyak? Kamu bisa mampir ke beberapa kedai makanan di pinggiran sungai Pontianak dan Ketapang selama singgah di Kalimantan Barat.

 

 

 

Sumber: tukangjalanjajan.com

About Defi Susisusanti

Foto Profil dari Defi Susisusanti
Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Mencicipi Kelezatan Bubur Pedas Khas Sambas, Kalimantan Barat

Siapa yang tak kenal dengan yang namanya bubur?? Bubur merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *