Home / Kuliner / Kue Lebaran kesukaan Para Backpacker

Kue Lebaran kesukaan Para Backpacker

Lebaran 1 Syawal 1438 hijriah telah tiba hai minggu tanggal 25 juni 2017 lalu. Tentunya dalam merayakan hari raya sudah dipersiapkan bermacam kuliner baik kue lebaran atau makanan lebaran seperti ketupat, opor dan lainya. Hadir disetiap keluarga tentunya membuat masyarakat berlomba-lomba menciptakan kue lebaran yang unik dan enak.

Kue Labaran

Setiap orang pasti memiliki kue lebaran kesukaanya masing-masing entah itu kue lebaran basah atau kering. Bagi yang sering mudik kekampung halaman misalnya, kue lebaran menjadi salah satu yang dinantikan ketika berkunjung kerumah sanak saudara. Bagi saya pribadi kue lebaran menjadi cemilan yang wajib dicoba jika mengunjungi rumah sanak saudara.

Kue lebaran yang unik dan tidak seperti biasanya menjadi cemilan kesukaan setiap orang yang datang kerumah. Lalu menurut teman-teman Backpacker Jakarta sendiri kue lebaran yang mereka sukai itu apa dan alasanya mengapa suka kue lebaran tersebut, berikut ini riviewnya.

1. KUE NASTAR

Siti Mabrur Rachmah – Backpacker Jakarta #25 (IG @rahmabrurr )

“Ini kue lebaran favoritku. Tapi yang paling aku suka adalah kue Nastar. Selain karena rasanya yang enak dan manis, ada kenangan Indah saat membuat kue nastar bersama Ibuku. Sejak kecil, aku terbiasa membantu Ibu membuat kue lebaran, dan yang paling pertama kami buat yaitu kue nastar. Aku sangat menikmati proses pembuatannya, sembari bercengkerama hangat dengan Ibuku.

Senada dengan rachma, warga Backpacker Jakarta #16 lamyaha (IG : @lamyahayatina) juga menyukai Nastar.

” Suka banget sama kue nastar, rasanya enak, dimakan berkali2 nggak bosen. Kue ini harus ada kalo lebaran. Di dalamnya ada manis-manisnya jadi bisa lupain mantan kalo makan kue ini Hahahaha ”

2. KUE JIPANG

Imam – Backpacker Jakarta #14 (IG @imamwidhy)

” kue jipang dibuat dari beras ketan dengan tekstur krenyes dan manis. Biasanya bentuk kue jipang itu persegi panjang lengket. Nah gue demen ini karna manisnya dan tantangan untuk memisahkan dari satu jipang dengan jipang lainnya, karna antar potongan itu lengket banget. Setiap rumah dijawa tengah dulu banyak yang nyajiin ini, tapi tahun ini ketika gue muter udah ga ada, kata mereka yg biasa nyiapin jipang, anak2 udah pada ga suka kue itu, anak2 lebih milih kue bungkusan. Udah gitu aja om cerita dari gue.

3. KEJU CRISPY

Ayu – Backpacker Jakarta #24 (IG @therika21 )

” Karena kue ini tuh enak banget, rasa kejunya berasa, renyah, and ada krispi2nya, ini bukan kastengel, tapi rasa mirip kastengel and ini homemade.

4. LIDAH KUCING

Rachel – Backpacker Jakarta #5 (IG @rahelsulaiman)

” Karena kue ini gampang hancur di lidah terus ada kejunya jadi renyah gitu”

Tak hanya Rachel yang menyukai kue lidah Kucing, Pak didi warga backpacker jakarta #12 (IG @dhie71)  juga menyukai kue ini karena menurutnya bisa cocok dengan segala usia.

5. SAGU KEJU

Rahma – Backpacker Jakarta #28 (IG @_raahmaaa)


” Soalnya ini kue lebaran pertama yg bisa aku bikin. Padahal awal-awal dulu selalu diajarinnya bikin putri salju sama kastangels tapi gagal mulu. Pas ibuku ajarin bikin kue ini langsung bisa dan ayahku makannya sampai nambah. Uunncchh jadi terharu, jadilah tiap lebaran wajib ada sagu keju di atas meja. ”

6. MANISAN KOLANG KALING

Yunita – Backpacker Jakarta #29 (IG @greenyunita)

“kalau yang lain mungkin sukanya nastar, kastangel, putri salju dan sebagainya, tapi suguhan khas ini adalah kebanggan keluarga, karena semua keluarga yang tua & yang muda bisa makan ini juga bisa kumpul seru-serua”

7. KEMBANG GOYANG & GEPLAK BETAWI

Cici – Sarah Backpacker Jakarta #11

Kue Geplak betawi

“Selain karena gw orang betawi juga karna gw suka kedua kue ini sejak gw kecil, rasanya enak dan nikmat”.

8. TAPE ULI
Puji Rahayu – Backapcker Jakarta #24 (IG @rahayupujipoe)

” Kombinasi rasa yg gurih dari uli dan manis dari tape nya, Menjadikan lumer dimulut dan bikin ketagihan. Banyak yang menyukai jenis makanan ini dan biasanya menjadi simbol kekeluargaan orang betawi. Jadi kalo mau tape uli pas lebaran datengin ajah orang betawi pasti ada “.

9. KASTANGEL ROTI
Putri – Backpacker Jakarta #12 (IG @maretha.putri.pl)

“Rotinya enak, gurih, renyah”

10. KUE PUTRI SALJU

Lani – Klub Sejarah & Museum (IG @lanisyah0209). Beliau mengupas tuntas tentang kesukaanya akan kue putri salju.

Anak perempuan suka mengingat sesuatu meski telah lama, meski rasanya standar sama aja yang membuatnya enak itu kenangannya. Waktu kecil Keluarga besar di Bogor pihak mama kita selalu berkunjung kerumah Uak kedua karena dia Pak Lurah setempat dan rumahnya paling besar juga untuk berkumpul. Nah salah satu kue yang disajikan adalah kue Salju sederhana anak-anak suka main-main jadi tahu sendiri kue putri salju bertabur gula putih makan ya sambil colek-colek gula putihnya 😅 tiap tahun kalo ketemu kue ini jadi biang iseng hee

• Gimana soal selera?

Putri salju terbuat dari tepung terigu, Tepung Maizena, Telur dan Mentega gak lupa pelengkap yang berbedanya adalah Gula halus bak taburan salju. Kalo mau dicoba atu per atu Kue Salju enaknya tambah kacang tanah sayangnya kalo beli kue ini, gak semua menggunakan kacang malah kadang terbilang menggunakannya sedikit. Nah kebetulan teman ada yang menjual kue ini setiap tahun, dia memberi info bahwa yang membuat kue enaknya level beda adalah butter nah makin mahal ya makin enak wkwk

• Tetap memilih

Alasan kesukaan lain adalah moment ketika pernah iseng ikut-ikut kerja di Home Industri Kue nah ilmu membuat kue dari sana, sayangnya untuk resep Boss nya gak berbagi saat itu aku suka dapat bagian membentuk kue, apa pasal? Tahukan Anime Sailormoon yang kuat banget Logo bulannya nah, aku kalo bentuk bulan sabit sebentuk bulan mungkin (khayalan amat yak) ampe teman komentar “Lan lu ngebentuk kue pake hati amat kayaknya bulan sabit begini doank” tapi toh usaha gak ada yang mengkhianati hasil bentuk yang dibuat bagus Boss menseleksi lagi untuk penjualan yang berbeda antara yang untuk kalangan yang dihormati baginya dan kalangan biasa.

Nah Kalian sendiri kira-kira kue lebaran apa yang kalian sukai ?

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Kubbu BPJ dan RS Firdaus Kupas Mitos Fakta Pendakian Gunung

Tahun 2017 adalah tahun kembalinya saya ke dunia petualang. Yap, setelah sebelumnya mengisi liburan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *