Home / Blog / Alam & Taman / Pesona Bedugul “Botanic Garden”

Pesona Bedugul “Botanic Garden”

Kebun Raya Bali atau di kenal dengan Botanic Garden merupakan salah satu objek wisata yang masih berada di wilayah bedugul, Bali. Kebun raya ini memadukan penelitian botani, pelestarian tumbuhan, pendidikan dan rekreasi. Di kebun raya ini kita bisa bersantai menikmati keindahan sambil mempelajari manfaat tumbuhan bagi kehidupan. Tempat ini terletak di kabupaten Tabanan dan berada di ketinggian 1250-1450 mdpl.

nongsik.com

Kebun raya ini didirikan pada tanggal 15 juli 1959. Kebun raya bali merupakan kebun raya pertama yang didirikan oleh anak bangsa. Pengelolaannya di lakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan struktur organisasi nya berada di bawah pembinaan pusat konservasi tumbuhan kebun raya bogor.

wisatamurahbali.com

Botanic Garden memiliki luas sebesar 157,5 hektar. Memiliki beberapa koleksi tanaman yang di kelompokkan berdasarkan jenisnya. Beberapa koleksi tanaman yang ada di kebun raya ini antara lain anggrek, kaktus, paku/pakis, tanaman karnivora, bambu, koleksi lumut, begonia, tanaman upacara adat, tanaman obat dan tanaman air. Tak hanya di koleksi, jenis jenis tanaman tersebut juga di upayakan penelitian dan pengembangannya.

indonesia-tourism.com

Untuk menuju ke kebun raya bali dapat di tempuh selama satu setengah jam dari denpasar atau sekitar 55 kilometer. Saat berada di dalam kebun raya ini kita bisa menyewa kendaraan kecil untuk berkeliling lokasi yang di patok dengan harga sebesar 11ribu. Biaya masuk nya juga cukup murah, untuk wisatawan lokal sebesar 9ribu dan mancanegara sebesar 17ribu. Sedangkan untuk loket parkirnya seharga 3ribu untuk motor, 6ribu untuk mobil dan 11ribu untuk bus.

commons.wikipedia.org

About Hary Ahmad

Check Also

Pantai Berawe Yang Terlupakan

Kabupaten Langkat merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Utara yang memiliki objek wisata yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *