Home / Blog / City Tour & Landmark / Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung letaknya berada di dalam lokasi wisata Pantai Ria Kenjeran Surabaya. Selain menjadi tempat ibadah bagi pemeluk Tridarma, klenteng ini juga sangat ramai di kunjungi para wisatawan.

Photo Panoramio.com / dkputri.wordprees.com
Photo Panoramio

Klenteng Sanggar Agung memiliki beberapa ciri khas yang membedakan dengan klenteng lain pada umumnya. Klenteng ini di bangun di atas laut berbentuk seperti teluk kecil dan di kelilingi pohon bakau.Arsitektur dari atap klenteng bercorak budaya Jawa,sedangkan bangunannya sendiri bernuansa Bali.Saat saya berkunjung ke klenteng ini beberapa waktu lalu,di dalam klenteng sedang berlangsung ibadah, dan bau dupa tercium khas dar dalam lokasi klenteng.

_20160806_213537

Keunikan lain terdapat di gerbang samudera Sanggar Agung terdapat patung Kwan Im Raksasa yang terletak di tepi laut.Patung ini di bangun oleh Soetiadji Yudho pada tahun 1999.Patung ini di kawal dua penjaga Shan Nan dan Tong Nu serta empat Maharaja langit, samping kanan dan kiri.Di bawah patung Kwan Im di jaga oleh dua naga raksasa.

_20160807_002053

Di bagian belakang Sanggar Agung terdapat patung Maha Brahma She Mien Fo,patung ini di bangun pada tahun 2003.Bangunan patung ini berukuran 9×9 meter dan di kelilingi taman bunga serta empat patung gajah putih di setiap sudutnya. Patung Maha Brahma keseluruhannya di lapisi kertas emas.Tinggi dari bangunan ini mencapai 36 meter.

_20160806_111130

Tak Jauh dari lokasi Klenteng Sanggar Agung kita dapat mengunjungi sebuah bangunan bernama Pagoda Tian Ti.Pagoda ini memiliki ornamen dan bangunan yang di buat sama dengan Temple Of Heaven yang ada di Beijing.Nuansa ornamen Tionghoa sangat kental saat kita berkunjung ke sini.

Editor : Fadlun

About Hary Ahmad

Check Also

Desa Wisata Haranggol, Sumatera Utara

Desa wisata Haranggol mungkin masih belum terlalu familiar di telinga kamu para penggila wisata. Desa wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *