Home / Blog / Alam & Taman / Kesunyian Danau Rawa Biru, Papua

Kesunyian Danau Rawa Biru, Papua

Danau Rawa Biru berada di Taman Nasional Wasur yang berlokasi di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Danau Rawa Biru mempunyai daerah aliran sungai seluas 4.791,671 km2. Luas badan air aktualnya adalah 95 Ha.

Foto : jejak1pena
Foto : Anjharzone

Danau Rawa Biru merupakan ekosistem amphibius yang sangat dipengaruhi oleh musim. Misalnya pada saat musim hujan, Danau Rawa Biru berubah menjadi aliran sungai (midstream) dan saat musim kemarau Danau Rawa Biru berubah menjadi danau dangkal (shallow lake). Perubahan ekosistem ini akan direspon oleh fitoplankton dan ditunjukkan dengan perubahan distribusi dan kemelimpahan fitoplankton secara spasial dan temporal.

Foto : mongabay.co.id
Foto : kokada
Foto : megaroroajeng.blogspot.co.id

Saran bagi kalian yang ingin mengunjungi Danau Rawa Biru pada bulan September. Karena kalian akan mendapatkan pemandangan yang cukup unik yaitu peralihan musim kering dan basah. Danau Rawa Biru pun mulai mengeluarkan bunga unik di sekitar wilayahnya. Ketika Oktober November, Danau Rawa Biru akan menjadi lebih kering.

Sumber teks : etd.repository.ugm.ac.id & m-ubarak.blogspot.co.id

About RARA.diandra

Check Also

Bukit Bangkirai, Wisata Ditengah Hutan Kalimantan Timur

Hutan bukit bangkirai yang terletak di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menyuguhkan pesona dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *