Home / Kuliner / Kerupuk Basah Kapuas Hulu, Kalimatan Barat

Kerupuk Basah Kapuas Hulu, Kalimatan Barat

Siapa yang tak suka makan kerupuk?? Kerupuk merupakan makanan sekaligus cemilan yang tak lekang oleh zaman. Kehadirannya bahkan menjadi sahabat akrab untuk teman makan. Nah, berbicara soal kerupuk tadi, Kota yang memiliki Julukan Borneo ini  menawarkan oleh-oleh bernama kerupuk basah. Makanan alias cemilan khas ini memang memiliki keunikan tersendiri. Makanan yang satu ini berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

sumber foto: myfavoritemyfood.blogspot.com

Berpenampilan tak seperti kerupuk pada lazimnya, Kerupuk basah tidak memiliki tekstur crispy layaknya kerupuk-kerupuk yang ada. Bahan utama pembuatannya tentu menggunakan tepung sagu dan campuran ikan pilihan. Ikan yang digunakan pun tak sembarangan, yaitu ikan belida yang konon memiliki tekstur daging yang lembut dan aroma khas. Namun, ikan-ikan seperti ikan tenggiri dan jenis ikan tawar lainnya bisa digunakan sesuai selera. Setelah adonan kerupuk selesai, kemudian dikukus bulat memanjang. Setelah dikukus, kerupuk yang kenyal dan tidak renyah seperti kerupuk biasanya ini bisa juga dimikmati dengan cara digoreng sesuai keinginan.

sumber foto: tokopedia.com

Kerupuk yang bisa dibilang mirip dengan pempek ini, memiliki rasa gurih dan kenyal. Dalam penyajiannya kerupuk basah andalan Kalimantan Barat ini dipadukan dengan sambal  maupun saos kacang sesuai selera. Aroma khas ikan belida benar-benar menggoda. Cemilan ini merupakan salah satu sajian utama yang terkenal di kawasan Danau Sentarum Kapuas Hulu. Nah, dilihat dari bahan dasarnya saja sudah dapat disimpulkan bahwa cemilan nan lezat satu ini memiliki kadar kandungan protein yang tinggi sekali. Sebab langsung menggunakan ikan-ikan dari perairan tawar sungai di Kalimantan barat.

sumber foto: digulis.com

Tertarik mencoba hidangan kuliner yang satu ini?? Yuk coba kunjungi langsung kota Borneo ini untuk menikmatinya langsung.

 

 

Sumber: borneowisata.blogspot.com

 

About Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Cemilan Manis dari Banten

KULINER, aktivitas yang harusnya tidak tertinggal saat travelling. Nah.. kenalkan “Kue PASUNG” salah satu jajanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *