Home / Blog / Museum & Sejarah / Kenangan Peristiwa 10 November 1945

Kenangan Peristiwa 10 November 1945

Kalau bicara tentang Kota Surabaya, tentu banyak sekali sejarah yang sudah terjadi di Kota Pahlawan ini. Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, memiliki sejarah perjuangan yang tidak boleh kita lupakan begitu saja. Terjadinya peristiwa Pertempuran 10 November yang sangat dahsyat dan merupakan pertempuran pertama rakyat Indonesia melawan penjajah pada masa kemerdekaan.

_20160806_111043

Beberapa tempat yang menjadi saksi bisu dari dahsyatnya peristiwa 10 November, antara lain Jembatan Merah dan Monumen Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan dibangun untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang gugur dalam peristiwa 10 November 1945 sekaligus lambang dari perjuangan rakyat Surabaya melawan tentara Sekutu dan Belanda. Tugu ini juga menjadi ciri khas dari Kota Pahlawan selain patung Sura dan Buaya. Tugu Pahlawan berbentuk seperti paku terbalik dan memiliki tinggi 42 meter. Tugu ini dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare dan letaknya di tengah pusat Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Pahlawan, berdekatan dengan kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu ini dibangun atas ide dari Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno dan diresmikan pada tanggal 10 November 1952.

_20160806_111022

Di salah satu pintu masuk monumen terdapat patung Presiden Soekarno dan Wakilnya Moh. Hatta yang sedang membacakan teks Proklamasi. Monumen ini bangunan luarnya dikelilingi tembok dengan gambar-gambar miniatur masa perjuangan kemerdekaan dulu. Selain itu, dibawah lahan Tugu Pahlawan sendiri terdapat Monumen 10 November. Monumen ini bangunan atasnya berbentuk segitiga dan letaknya berdekatan dengan patung Pejuang RI.

_20160806_111006

Didalam monumen ini dapat kita lihat dokumentasi perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan Surabaya dari tangan penjajah. Disini juga terdapat rekaman pidato Bung Tomo yang merupakan pelopor dan semangat bagi para pejuang Surabaya. Saat memasuki monumen ini, kita berasa seperti dibawa kembali ke masa perjuangan dulu. Saat berkunjung pada malam hari Tugu Pahlawan tampak berdiri megah dengan hiasan lampu led yang menyinarinya menambah indah nuansa malam Kota Surabaya.

Surabaya Kota Pahlawan. Banyak sejarah perjuangan Bangsa di Ibukota Provinsi Jawa Timur ini.

Editor : Syarah N.

About Hary Ahmad

Check Also

Jejak Perjuangan Kemerdekaan RI Di Museum Joang 45, Jakarta

Terletak di Jalan Menteng Raya No.31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Museum Joang 45 merupakan salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *