Home / Blog / Alam & Taman / Keindahan Danau Anggi, Papua

Keindahan Danau Anggi, Papua

Danau Anggi yang terletak di kawasan pegunungan Arfak ini memiliki dua nama yaitu Anggi Ginji dan Anggi Gita yang terpisahkan oleh gunung. Menurut legenda orang arfak, konon kataya terdapat sepasang anak manusia tinggal di Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat. Mereka hidup berdua dan memadu kasih hingga kekuatan cinta mengabadikan diri mereka menjadi dua buah danau besar yang ada sampai sekarang. Dalam cerita legenda, kedua danau itu masing-masing ditinggali oleh seekor naga jantan dan betina. Menurut warga setempat, dua danau itu dipercayai berkelamin jantan dan betina. Mereka menyebut danau jantan sebagai Anggi Ginji dan danau betina sebagai Anggi Gita.

Foto : triptrus
Foto : pacebro

Danau Anggi terletak di kawasan cagar alam Pegunungan Arfak dan berada di ketinggian kurang lebih 2.950 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai wilayah tempat tinggal suku Arfak ini, membutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan menggunakan kendaraan berpenggerak 4 roda. Berjarak 35km dari kota  Manokwari. Bisa juga dengan menggunakan kendaraan off-road karena kalian harus melewati kondisi jalan 40% rusak untuk menuju lokasi Danau Anggi sehingga tidak bisa dilalui oleh mobil biasa. Jika ingin lebih cepat lagi, bisa juga dengan menggunakan pesawat terbang twin otter dan cesna hanya 25 menit dengan tarif Rp300.000/orang.

Foto : panoramio.com
Foto : indonesiatravelingguide

Tempat wisata yang sulit dicapai oleh para pengunjung / traveller, makanya hidup masyarakat disini masih secara alami. Mereka belum menggunakan zat-zat kimia ketika bercocok tanam dan juga masih mempertahankan adat mereka.

Foto : khajock.wordpress

Sumber teks : triptrus.com & pacebro.com

About RARA.diandra

Check Also

Bukit Bangkirai, Wisata Ditengah Hutan Kalimantan Timur

Hutan bukit bangkirai yang terletak di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menyuguhkan pesona dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *