Home / Blog / Air Terjun / Keindahan Air Terjun Ponot

Keindahan Air Terjun Ponot

Air terjun ini sangat dikenal oleh orang banyak, setiap hari libur tempat ini pasti ramai didatangi oleh para wisatawan baik Domestic maupun Mancanegara.  Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 45m. Air yang jatuh dengan sangat deras menghasilkan suara yang sangat keras sehingga dapat terdengar dari jarak 500m. Air terjun ponot tampak lebih indah dengan adanya batu-batu besar disekitarnya, banyak orang datang sekedar hanya untuk menikmati pemandangan ataupun mandi menikmati sejuknya Air Terjun Ponot.

Air terjun Ponot terletak jauh di dalam jantung alam Asahan yang masih asri dan jarang dikunjungi oleh kebanyakan orang. Untuk mencapai lokasi Air Terjun ponot,  bisa ditempuh dari tiga kota di Sumatera Utara, yang pertama bisa ditempuh dari kota Porsea di kabupaten Tobasa, yang kedua dari kota Pematang Siantar di kabupaten Simalungun, dan yang terakhir dari kota Rantau Parapat di Kabupaten Asahan.

Foto by YouTube

sebelum mencapai lokasi Air terjun Ponot, kamu akan menemukan sebuah bendungan terbesar yang ada di Sumatera Utara dan merupakan generator utama pembangkit listrik untuk wilayah Sumatera bagian utara, yaitu bendungan Asahan. Bendungan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda dan merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang masih digunakan hingga saat ini. Pada lokasi ini juga terdapat satu jembatan gantung yang menghubungkan dua daerah dan terletak pada ketinggian kurang lebih 100 meter.

For your Information yaaa, aliran air yang masuk ke pembakit listrik ini berasal dari Air Terjun Sigura-gura yang berjarak 200 meter dari air terjun Ponot, posisinya sebelah kiri air terjun ponot ketika kita sedang menghadap ke air terjun ponot. Air terjun sigura-gura digunakan untuk  membendung air di  bendungan tangga INALUM yang berguna untuk memutar turbin pembangkit listrik PLTA sigura-gura.

Keindahan Air terjun Ponot terletak pada debet airnya yang sangat deras dan juga susunan air terjunnya yang merupakan air terjun 3 tingkat. Di bawah curahan air terjun banyak terdapat batu-batuan alam yang berukuran sangat besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri sebagai pelengkap keindahan Air terjun Ponot.

About BerlianSelig

Foto Profil dari BerlianSelig
Jangan biarkan dunia merubahmu tapi berusahalah dunia yg mengubah kita

Check Also

Pendakian Gunung Batu Dan Curug Ciherang

PENDAKIAN GUNUNG BATU DAN CURUG CIHERANG BACKPACKER JAKARTA ❗ ============================================ Hay kaka2 ketjeh yang dirindukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *