Home / Blog / Air Terjun / Keasrian Air Terjun Wera, Donggala

Keasrian Air Terjun Wera, Donggala

Foto : imbouncingaround

Di Indonesia bagian Timur, cukup banyak tempat wisata yang belum kita ketahui, kali ini kami akan membahas tentang wisata di wilayah Sulawesi Tengah yang merupakan daerah pegunungan dan perbukitan yang dikelilingi lembah-lembah, sungai dan juga dataran tinggi.

Foto : ekowisata

Air Terjun Wera ini terletak di Taman Wisata Wera yang merupakan sebuah wilayah Hutan Lindung dan berada di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Pintu masuk Taman Wisata ini berada di Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo.

Untuk mencapai wisata Air Terjun Wera kalian harus menempuh perjalanan selama 1 jam dengan kendaraan pribadi karena jaraknya ± 19km dari Kota Palu sebelah selatan atau ± 1km dari jalan raya poros Palu-Donggala. Bagi pengunjung wisata yang ingin menggunakan kendaraan juga bisa, kalian naik minibus dari Palu – Rarampadende – Balumpewa selama ± 30 menit perjalanan. Kemudian, dari Desa Balumpewa berjalan kaki melalui jalan setapak ± 2km dengan waktu ± 45 menit menembus hutan Wera untuk sampai di Air Terjun Wera.

Kalian harus berhati-hati saat menelusuri jalan setapak karena postur tanah yang lumayan licin dan cukup terjal selain itu kalian harus memanjat bebatuan serta menyebrangi sungai. Tetapi jangan khawatir guys, selama menempuh perjalanan setapak kalian akan menikmati jenis tumbuhan yang beragam bahkan banyak pepohonan hijau yang rimbun dan lebat, disana kalian juga bisa menghirup udara yang segar dan sangat sejuk sehingga cocok banget buat kalian yang mau melepas penat.

Foto : kakarmand

Air Terjun Wera memiliki beberapa tingkat. Air terjun utama meluncur dari bebatuan tebing diantara bukit-bukit setinggi kira-kira 100 meter. Dibawah air terjun utama ada beberapa tingkat air tejun namun tidak terlalu tinggi. Setelah turun ke tempat yang agak datar, aliran sungai Wera berlanjut ke arah desa Kaleke dan beberapa desa di sekitarnya.

Foto : anakuntad

Jika kalian yang ingin berkemah di sekitaran Taman Wisata Wera, kalian bisa melakukannya di dataran di sebelah utara dan di puncak bukit di dekat desa Ngatapapu. Dalam perjalanan ke sana kalian bisa mampir sejenak di tepi sungai Wera, untuk menikmati kesejukan dan kesegaran aliran sungai Wera yang jernih.

Sumber : gocelebes.com

About RARA.diandra

Check Also

Wisata Kekinian Di Lembah Harau, Sumatera Barat

Jika anda berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk menyempatkan diri singgah di lokasi ini. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *