Home / Kuliner / Kafe Kolong, Kafe Unik Dan Modern Di Kolong Jembatan

Kafe Kolong, Kafe Unik Dan Modern Di Kolong Jembatan

jenbatan-bedadung-jember
Sumber : Kanalwisata
Apa pendapat teman-teman kalau ditanya keadaan kolong jembatan yang ada di Indonesia, seperti gambar kolong jembatan diatas? Pasti rata-rata menjawab kotor, bau, gelap, sepi dan lain sebagainya. Gambar diatas adalah kolong jembatan sungai Bedadung, jalan Mastrip, di daerah dekat kampus Universitas Negeri Jember. Dari keadaan kolong jembatan seperti pada umumnya di sulap menjadi kafe yang menarik, unik, nyaman dan alami oleh Johanes Kris Astono, pemilik Kafe Kolong.
Pada awalnya tentu tidak mudah bagi Johanes untuk mendirikan kafe kolong karena keadaan kolong yang terkesan kumuh dan sepi sering dijadikan tempat mabuk-mabukan, penjudian dan tempat tinggal pemulung dan tempat buang sampah, sehingga warga dan orang pada umumnya enggan mendekat. Warga khawatir nantinya lokasi ini akan semakin ‘liar’, mengingat sekitar lokasi terdapat gedung sekolah perguruan Muhammadiyah dan kampus peguruan tinggi Jember.
Setelah menjelaskan konsep kafe kepada ketua RT serta mendandani kolong jembatan agar kesan kumuh, gelap menjadi sebuah tempat yang bersih dan menarik dan pada April 2013 kafe Kolong resmi dibuka. Perlahan kafe kolong Jember ini pun mulai menarik perhatian orang.  Penataan ruang, lampu, bar kafe didesain unik, minimalis namun terkesan modern. Tidak lupa sekitar kafe juga tidak luput dari penataan. Rumput dan tumbuhan liar dibabat habis sebagai lahan parkir.
tribunnews
Sumber : kompas
Kafe ini menggunakan dua kolong jembatan, kolong yang satu terdapat panggung mini untuk beberapa pertunjukan seperti music, stand up comedy, dan lain sebagainya. Kolong yang satu lagi lebih digunakan bagi mereka yang ingin bersantai, kursi dilelatakan di pinggir-pinggir dinding kolong jembatan dan tengah-tengah terdapat jalan untuk lalu lalang pengunjung. Ada pula kursi yang mengelilingi meja Barista, dimana para pencinta kopi biasa kumpul sambil mengobrol santai.
panduan-wisata-surabaya
Sumber : panduan-wisata-surabaya
Kerja keras akhirnya membuahkan hasil, Kafe  Kolong pun mulai didatangin pengunjung. Lampu temaram, lantunan lagu-lagu jazz, oldies, instrumental dari sound yang lembut, serta televisi LCD membuat suasana kafe semakin hangat dan romantis dalam memanjakan tamu-tamu yang datang. Bukan hanya pelajar, mahasiswa yang berkunjung, banyak pula karyawan yang mampir sepulang kerja untuk menyeruput kopi yang khas di kafe ini.
Dalam perkembangannya Kafe Kolong bukan hanya dijadiakan sekedar tempat “nongkrong” menghabiskan waktu atau bersantai, namun kerap kali dipakai sebagai rapat organizer, diskusi, berkumpul dikarenakan suasana kafe yang menyatu dengan alam, jauh dari hingar-bingar keramaian kota.

• Menu Kafe Kolong
Menu yang ditawarkan ditawaran di kafe ini adalah makanan ringan dan minuman dengan harga yang relatif murah.  Kalau biasanya di Jakarta kafe indentik dengan kedai kopi mewah berbeda dengan Kafe Kolong menu yang ditawarkan dengan harga mulai dari harga Rp. 5.000,- dan tidak lebih dari Rp9.000,-.
Beberapa menu makanan dan minumannya seperti dibawah ini.
Menu Makanan:
* kentang goreng
* soup khas Kolong Kafe
* roti bakar
* lumpia
* tahu crispy
* pisang crispy
catatan-nobi
Menu minuman:
* berbagai jenis kopi: Arabica, Robusta, Toraja
* kopi racik seperti: ala capucino, vanila latte, moccha
* kopi premium: Nescafe Classic, Exelso Robusta, Singa Arabica, Toraja Kalosi, Singa Blended
* ice blender
* susu murni sapi perah
* teh hijau jawa barat
* kapulaga
tribunnews1
• Jam Buka Kafe Kolong
Kafe buka Senin – Minggu mulai  pukul 18.00 wib sampai 01.00 wib, Minggu Tutup

•  Alamat Kafe Kolong
Kolong jembatan sungai Bedadung, jalan Mastrip, Sumbersari, Jember, Jawa Timur  68121.
Telepon: 0811-3446-313
Kafe Kolong menjadi hits, dilihat setiap malam selalu dipadati pengunjung, bukan hanya dari orang Jember bahkan dari luar kota berkunjung dan menikmati suasana di Kafe ini. Jika anda suka wisata kuliner dan bukan hanya menikmati kuliner nya tapi juga suasana dan lingkungan di sekitarnya maka berkunjung ke Kafe Kolong tidak boleh dilewatkan jika sedang berada di Jember dan rasakan suasana yang berbeda dan unik dari kafe-kafe yang lain.
travelkompas
Referensi by: catatannobi, tribunnews,travel.detik.com,lentera.kecil.com
Created by : Nancy S

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Check Also

Mencari Soto Ayam Kampung Asli? Ke Warung Niki Echo Aja!

  Kamu penikmat soto atau pemburu kuliner? Kalau iya, artinya kamu wajib banget nih icip …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *