Home / Editor Picks / Inilah 10 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui Internasional

Inilah 10 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui Internasional

Indonesia memang memiliki keanekaragaman budaya dan seni yang memukau. Tak heran, dunia internasional banyak mengenal Indonesia dengan negara yang kaya akan budaya. Seiring kemajuan jaman serta pengaruh gaya hidup modern dan guna melindungi budaya Indonesia, UNESCO mencatat beberapa hasil kebudayaan ini kedalam daftar warisan budaya dunia.

1. Wayang Kulit

Gamelan, Warisan Budaya Indonesia

Seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang dan mengisahkan tokoh-tokoh yang bersumber dari kitab Mahabarata dan Ramayana ini telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada 2008 lalu.

2. Keris

Senjata tradisional Indonesia terdaftar sebagai warisan budaya UNESCO pada 2005 lalu ini kini menjadi bagian aksesori busana adat Indonesia.

3. Batik

Batik tercatat dalam daftar warisan budaya UNESCO pada 2009 lalu. Seni melukis di atas kain menggunakan malam atau lilin dan canting ini kini dapat ditemukan dalam berbagai pola tradisional maupun modern, seperti batik Pekalongan atau Madura.

4. Gamelan

Warisan Budaya Indonesia, Gamelan

Serangkaian alat musik yang terdiri dari gong, gambang, gendang, dan sebagainya serta mengeluarkan bunyi-bunyian eksentrik sekaligus penuh warna ini tercatat oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tahun 2014.

5. Sekaten

Sekanten, Warisan Budaya Indonesia

Sekaten adalah perayaan yang dilakukan oleh masyarakat Jawa untuk memperingati ulang tahun nabi Muhammad SAW. Sekaten biasanya diadakan di dua tempat yaitu di alun-alun Kraton Surakarta dan alun-alun utara Yogyakarta. Sekaten tercatat pada tahun 2014.

6. Lumpia

Warisan budaya yang berbentuk makanan dan tercatat di UNESCO adalah lumpia. Makanan khas dari Semarang dan merupakan kuliner khas tionghoa ini masuk dalam UNESCO pada 2014 lalu.

7. Angklung

Pada 2010, giliran Angklung yang dicatat dalam daftar UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Alat musik yang dikenal dalam kebudayaan Sunda ini memiliki nada yang berbeda pada setiap jenisnya, dan akan terdengar indah jika dimaikan oleh beberapa orang.

8. Tari Saman Gayo

Tari Saman Gayo, Warisan Budaya Indonesia

Terdaftar di tahun 2011 lalu, tarian khas masyarakah Gayo di Aceh ini biasanya dipertunjukkan pada momen-momen penting seperti menjalin silahturami dan persahabatan dan untuk menyampaikan pesan moral tertentu.

9. Noken

Noken, Warisan Budaya Indonesia

Hasil kreativitas masyarakat tradisional di Papua yang berfungsi sebagai tas untuk menyimpan segala macam benda ini disetujui menjadi salah satu benda yang tercatat di UNESCO sebagai budaya Indonesia pada 2011 lalu.

10. Subak

Subak, Warisan Budaya Indonesia

Sebuah sistem yang sarat filosofi dalam kehidupan masyarakat Bali ini ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2012 lalu. Disebutkan, sistem Subak yang dikenal dalam masyarakat Bali ini adalah sistem demokrasi yang pantas untuk dikembangkan. Sistem subak digunakan dalam pembagian air di pesawahan, tempat ibadat, maupun kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Courtesy: tentik.com & foto all google

About Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Check Also

Berbagai Macam Keunikan Rumah Adat Nias

Butuh waktu kurang lebih tiga puluh menit berkendara dari Bandar Udara Binaka menuju Gunung sitoli …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *