Home / Blog / Air Terjun / Ini dia Air Terjun tertinggi yang ada di Indonesia

Ini dia Air Terjun tertinggi yang ada di Indonesia

foto : kompasiana.com

Air Terjun Ponot adalah air terjun tertinggi di Indonesia dan berada di Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Air Terjun Ponot memang tidak seterkenal air terjun Sipiso-piso yang ada di Danau Toba sehingga banyak yang mengatakan jika air terjun Sipiso-piso inilah air terjun tertinggi di Indonesia. Kini semakin banyaknya info mengenai air terjun Ponot mengingatkan kita semua jika Air Terjun Ponotlah yang menjadi air terjun tertinggi di Indonesia.

 

foto : salamsumu.blogspot

Air Terjun Ponot ini memiliki ketinggian hingga lebih dari 250 meter jika ditotal ketinggianya. Hal ini terkait bentuk air terjun ponot yang tidak langsung mengalir kebawah namun memiliki dua buah undakan air terjun. Air Terjun Ponot sendiri berada di aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut.

foto : kompasiana.com
Jalur Menuju Air Terjun (foto : Wisata Sumut Paten)

Air Terjun Ponot selain tinggi juga debit airnya cukup deras dan besar sehingga jia kit aberada lumayan dekat dengan air terjun ini maka percikan air yang terbawa angin akan membasahi kita. Air Terjun Ponot juga memiliki banyak batu berukuran besar yang berada dibawah air terjunya sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung kesini.

foto : kompasiana.com

Lokasi Air Terjun Ponot sendiri sebenarnya bersebelahan dengan air terjun Sigura-gura yang konon sebelum ditutup untuk mengaliri bendungan Tangga Inalum. Bendungan PT. Inalum (Indonesia Asahan Alumunium) ini yang akan membangkitkan Pembangkit Listrik Tenaga Air Sigura-gura. Tiket masuk Air Terjun Ponot sebesar Rp 10.000 per pengunjung dan kalian jug atak perlu khawatir karna fasilita sumum seperti toilet, parkiran sampai penjual makanan juga tersedia dikawasan ini.

 

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Liputan Trip Eksplore Banyuwangi Part 10

Untuk ke 10 kalinya Backpacker Jakarta berkesempatan mengadakan Trip Ke Banyuwangi dan beberapa kota lainya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *