Home / Blog / Alam & Taman / Hiu di Pulau Menjangan Besar, Jepara

Hiu di Pulau Menjangan Besar, Jepara

Akhir-akhir ini Taman Nasional Karimunjawa menjadi melejit popularitasnya, pasalnya wilayah ini menawarkan keindahan alam yang sangat menabjubkan. Berbicara mengenai Karimunjawa, banyak sekali spot yang patut di kunjungi, salah satunya adalah Pulau Menjangan Besar. Pulau menjangan besar merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan Pulau utama Karimunjawa. Pulau Menjangan Besar dapat ditempuh kurang lebih sekitar 15 menit dari Karimunjawa dengan menggunakan kapal wisata. Pulau ini mempunyai luas sekitar 56 hektar dan tidak berpenduduk.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Pulau Menjangan Besar ini tampil beda dengan Penangkaran hiunya. Di Pulau ini penangkaran hiu terdiri dari 2 kolam yaitu dengan kolam pertama berisi hiu berusia muda berjumlah sekitar 10 ekor hiu, sedangkan kolam kedua hiu yang berusia tua berjumlah sekitar 15 ekor. Salah satu jenis ikan hiu yang terdapat di sini adalah hiu sirip hitam dan hiu sirip putih. Hiu di penangkaran ini sengaja dibuat jinak oleh pihak resort, jadi anda tak perlu khawatir. Yang harus diperhatikan yaitu, pastikan anda tidak memiliki luka, karena hiu sangat sensitive oleh bau darah.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Penetasan Semi Alami (PSA) penyu di Taman Nasional Karimunjawa terpusat di Pulau Menjangan Besar dan di Kemujan. PSA Kemujan telah menetaskan 1647 butir telus dan 534 ekor tukik diantaranya berhasil dilepaskan kembali ke alam. Keberhasilan penetasan telur sangat dipengaruhi suhu pasir terutama kedalaman pasirnya. Semakin dalam sarang maka suhu di dalamnya semakin stabil. Suhu rata-rata di penetasan semi alami berkisar sekira 30 derajat Celcius. Telur-telur penyu hijau dan penyu sisik biasanya akan menetas selama kurang lebih 55 hari. Berikutnya setelah tukik menetas maka akan dipelihara dalam salah satu petak karamba berukuran 2 x 2 meter. Selama dipelihara dalam karamba, tukik diberi makan ikan kecil atau udang kecil.

Foto : google.com
Foto : google.com

 

MENJANGAN BESAR4
Foto : google.com

 

Selain terdapat penangkaran hiu dan juga penyu, di Pulau Menjangan Besar ini juga terdapat penangkaran elang Jawa yang keberadaannya juga sudah langka. Sebagaimana pulau-pulau lainnya di Karimunjawa, Pulau Menjangan Besar ini juga dikelilingi oleh pantai berpasir putih yang sangat cantik. Di sisi lain pulau terdapat sebuah gosong yang oleh penduduk setempat disebut sebagai Gosong Abadi. Gosongan kecil dengan taburan pasir putih yang sangat lembut ini dihiasi oleh pohon-pohon bakau kecil yang baru tumbuh sangat subur.

Seru bukan? Yuk rasakan sensasi berenang bersama hiu disini.

About Hanindi Fajrina Tri Hardi

Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Check Also

Video Trip Eksplore Pacitan Part 5 Backpacker Jakarta

Kabupaten Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. …