Home / Blog / Gunung / Gunung Prau Via Wates, Jalur Baru Yang Teduh dan Syahdu

Gunung Prau Via Wates, Jalur Baru Yang Teduh dan Syahdu

Gunung Prau 2565 MDPL . Si cantik dan menawan di Jawa Tengah yang satu ini memang selalu menjadi incaran para pendaki. Terlebih para pendaki pemula yang baru ingin mencoba kemampuan fisik mereka.

Para pendaki umumnya mendaki Gunung Prau melalui jalur patak banteng yang jalur terkenal dan bisa di tempuh hanya dalam waktu sekitar 2 jam . Tak heran banyak para pendaki berbondong bondong menanjaki gunung yang terkenal akan keindahan viewnya tersebut seperti gunung sindoro, sumbing, lawu yang berjejer membentuk sebuah pemandangan yang begitu mempesona. Sebuah mahakarya dan keagungan Tuhan yang tak bisa didustakan.

Tapi, taukah kalian? Bahwa sebenarnya untuk sampai ke gunung prau kita bisa mendaki dengan jalur yang berbeda dari biasanya. Salah satunya dari Wates, kabupaten Temanggung.

Gunung Prau via Wates terletak di Desa Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung  dengan basecamp di ketinggian 1.896 Mdpl.

Kelebihan jalur ini adalah :

  1. Jalur ini masih bisa dikatakan cukup baru, sehingga harapan untuk jalur yang bersih, alami dan tidak antri memang menjadi impian.
  2. Jumlah pendaki yang lebih sedikit (sekali) membuat pendakian lebih syahdu.
  3. Jarak pendakian yang lumayan panjang dari jalur biasanya, sehingga bisa merasakan drama lebih lama sepanjang pendakian.
  4. Ketersediaan air pada pos 1 dan pos 3

Sebelum memulai pendakian, kalian juga bisa beristirahat dulu di basecamp yang telah tersedia. Sekaligus melakukan simaksi dengan membayar Rp10.000 per orang. Adapun fasilitas yang tersedia di basecamp via wates ini adalah lahan untuk beristirahat, kamar mandi yang bersih serta mushola untuk beribadah. Setelah melakukan simaksi, kita akan diberikan peta jalur pendakian seperti ini :

Yaps, di jalur wates hanya terdapat 3 pos.

Basecamp – Pos 1 Blumbang Kodok.

Jarak dari basecamp ke pos 1 memang cukup melelahkan. kita akan dibawa melewati rumah penduduk dan perkebunan yag hijau nan asri. Jarak tempuh nya sekitar 1 jam.

Pos 1 Blumbung Kodok – Pos 2 Cemaran ( 30 menit )


Nah trek dari pos 1 ke pos 2 lumayan landai, hanya saja kita harus menginjakkan tanah yang dipenuhi akar akar pohon. Sebab jalur ini adalah hutan tropis yang cukup lebat.

Pos 2 Cemaran – Pos 3 Sudung Dewo ( 30 Menit )
Di jalur ini trek nya masih hutan tropis namun sedikit menanjak, kalian juga dapat mengisi air karna telah tersedia pipa pipa kecil yang mengalirkan air.

Pos 3 – Camp Area (45 Menit)
Setelah lewat dari pos sudung dewo, kita akan keluar dari lebatnya hutan tropis, disambut dengan padang ilalang yang begitu memukau. Kemudian melewati tangga cinta, yaitu sebuah jalur yang berbentuk seperti tangga dan naik turun hingga akhirnya sampailah di plawangan. Plawangan sendiri terletak sebelum camp area.

 

Camp Area – Puncak (20 meit)
Nah sesampainya di camp area, kalian bisa mendirikan tenda sambil menghangatkan badan dengan kompor dan secangkir kopi atau teh panas. atau mungkin bisa masak sayur sop sebagai menu makan malam sebelum esok paginya mengejar sunrise.

Selamat datang di gunung prau via wates. Bagaimana? Tertarik kah untuk mendaki melalui jalur ini?

About Rizky Amalia

Mendaki adalah profesi. Mencintai sastra, seni dan alam adalah kewajiban. Dan menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Karna tulisan lah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di bumi ini.

Check Also

Keajaiban Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu Flores yang Kerennya Bikin Nyesel Untuk Dilewatkan

Merupakan gunung berapi yang terletak di Flores, NTT, gunung ini menyimpan pesona dan keindahan melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *