Home / Blog / City Tour & Landmark / Menjelajahi Gunung Bukit Tunggul – Bandung

Menjelajahi Gunung Bukit Tunggul – Bandung

Gunung Bukit Tunggul adalah gunung yang berada di daerah Lembang, Bandung Utara, Jawa Barat. Gunung Bukit Tunggul ini merupakan salah satu sisa dari letusan Gunung Sunda yang pernah terjadi di masa prasejarah. Meskipun Gunung Bukit Tunggul ini adalah gunung yang jarang didaki, akan tetapi gunung ini memiliki pesona yang tak kalah dengan gunung-gunung lain yang berada di Jawa Barat. Kabarnya, menurut legenda, Gunung Bukit Tunggul berasal dari sisa-sisa kayu (tunggul) yang menjadi bahan pembuatan perahu dalam legenda Sangkuriang.

foto : travelling.blogekstra
foto : travelling.blogekstra

Gunung Bukit Tunggul dengan ketinggian 2208 mdpl ini dapat didaki melalui Desa Pasirangling, Cibodas, Lembang. Atau gunung ini juga bisa didaki melalui kawasan wisata Maribaya, Lembang.

Jika kalian pernah melakukan pendakian ke Gunung Puntang dan Gunung Manglayang, maka pendakian ke Gunung Bukit Tunggul ini adalah perpaduan dari keduanya. Jalur pendakian menuju puncak Gunung Bukit Tunggul diawali dengan jalan setapak yang di musim hujan akan menjadi sangat becek. Trek dilanjutkan dengan menyusuri punggungan bukit dengan pemandangan pohon pinus di sepanjang jalur awal pendakian.

foto : travelling.blogekstra
foto : travelling.blogekstra

Setelah kira-kira menempuh 1-2 jam perjalanan kalian akan menemukan jalan yang bercabang, di persipangan ini pilihlah jalur ke kiri untuk menuju ke jalur pendakian. Anda akan melewati jalanan dengan tanah merah yang licin dan becek jika di musim hujan. Kemudian lagi-lagi akan menemukan persimpangan yang lainnya, untuk kali ini pilihlah jalan yang ada di sebelah kanan yang menuju puncak.

Gerbang Masuk (foto : bloggopik.blogspot )
Gerbang Masuk (foto : bloggopik.blogspot )

Perjalanan pendakian menuju puncak utama Bukit Tunggul relatif singkat. Dengan kecepatan langkah yang konstan, dapat dicapai dalam waktu 3-4 jam saja. Meskipun singkat, perjalanan pendakian ini cukup menguras keringat.

foto : foto : travelling.blogekstra
foto : foto : travelling.blogekstra

Dalam melakukan pendakian ke Gunung Bukit Tunggul ini disarankan dilakukan di musim kemarau. Di musim hujan, jalur akan menjadi sangat licin bahkan bercampur dengan genangan air serta bawalah perbekalan air yang cukup karena tidak terdapat sumber air di sepanjang jalur pendakian.

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

Menikmati Di Sunset Tanjung Unta, Sumatera Utara

Di sisi timur Danau Toba terdapat sebuah tanjung yang bernama Tanjung Unta, daratan Pulau Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *