Home / Blog / Goa / Goa Rangko. Sensasi Kolam Pribadi Alami Di Nusa Tenggara

Goa Rangko. Sensasi Kolam Pribadi Alami Di Nusa Tenggara

Hai guys, sebagai seorang backpacker tentunya keinginan untuk mengexplore keindahan yang ada di dunia khususnya tanah air kita Indonesia tentu tak akan ada habisnya. Nah, kali ini kita akan mengenal salah satu pesona yang ada di Nusa Tenggara Timur. Namanya, Goa Rangko! Kalian pernah tau tempat ini? Kalau belum, mari kita bahas. Kalo udah, ya gakpapa, mari tetap baca supaya memancingmu untuk datang ketempat yang cantik ini :).

Sumber foto : Galeri Indonesia Kaya

Jadi, Goa Rangko merupakan tempat wisata yang cocok untuk kamu yang menyukai ketenangan. Ditambah lagi, eksistensinya masih jarang terjamah orang. Terletak di Desa Rangko, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju kesini, kamu dapat mengakses dari Labuan Bajo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Goa Rangko ini sering disebut Goa Buaya. Eitsss, tapi tenang dulu. Disini nggak ada buaya nya kok. Jadi, kalian bisa menikmati keindahannya dengan nyaman dan aman. By the way, Goa Rangko bisa kamu jadikan salah satu alternatif wisata sebelum atau setelah berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Bentuknya yang mirip seperti kolam renang pribadi larut bersama keheningan menawarkan sejuta ketenangan bagi siapapun yang mampir untuk merasakan kesegaran air biru asin yang ada didalamnya. Fyi, air tersebut bersumber dari air laut, hal ini disebabkan karna terdapat rongga-rongga atau celah yang menghubungkan kolam di dalam goa dengan laut lepas. Bagian atas Goa Rangko dipenuhi ornamen-ornamen stalaktit yang menawan dengan beragam bentuk tak beraturan tanpa ada kelelawar menggantung didalamnya, sehingga suasana sunyi dan syahdu akan semakin dirasakan jika kamu mengunjungi goa yang satu ini ini.

By the way, waktu yang tepat untuk berkunjung ke Goa Rangko adalah berangkat sepagi mungkin dari Labuan Bajo. Karena waktu yang sangat pas untuk menikmati keindahan alam dari lokasi ini adalah pada pukul 12.00 hingga 14.00, dimana pada waktu tersebut sinar matahari akan masuk ke lubang goa dan dapat membantu penerangan di dalam goa, sehingga birunya kolam pribadi Goa Rangko pun dapat dilihat.

Sumber foto : Google

Untuk mencapai ke Goa ini, kamu dapat menyewa perahu milik para nelayan di sekitar desa. Goa Rangko sendiri masih jarang didatangi oleh wisatawan karena memang belum banyak informasi yang membahas obyek wisata ini, Ditambah belum ada transportasi mendukung yang dikhususkan untuk kunjungan ke goa tersebut. Maka dari itu, jika kamu ingin mencari ketenangan sekaligus bersantai di kolam alami yang dimiliki Goa Rangko, destinasi ini dapat dimasukan ke daftar tujuan liburanmu selanjutnya! Jangan lupa, tetap perhatikan dan hormati adat istiadat setempat ya, dan juga jaga kebersihan agar tempat yang indah ini tidak tercemar dan bebas dari sampah.

Sumber foto : Galeri Indonesia Kaya
Editor : @febe_shinta

About Rizky Amalia

Mendaki adalah profesi. Mencintai sastra, seni dan alam adalah kewajiban. Dan menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Karna tulisan lah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di bumi ini.

Check Also

Menguak Keindahan Pantai Tanjung Pesona, Bangka

Pantai Tanjung Pesona, adalah pantai yang terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Bangka,  yang jaraknya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *