Home / Blog / Seni & Budaya / Explore Suku Baduy – Suku Kanekes Banten

Explore Suku Baduy – Suku Kanekes Banten

Siapa yang tidak kenal Suku Kanekes di Wilayah Banten ? Suku yang masih benar benar kental akan adat istiadat khusus nya Suku Kanekes Dalam ( Sebutan untuk Suku Baduy Dalam ). Untuk mencapai kesana tidaklah terlalu sulit. Cukup naik kereta ke arah Stasiun Rangkas Bitung dan dari sana kalian bisa menyewa mobil elf dengan kapasitas 18 – 20 orang atau menyewa mobil carry kwk dengan kapasitas 12 org untuk mencapai Desa Ciboleger yang dimana desa tersebut menjadi titik awal kita untuk meng-explore Pedalaman Suku Baduy.

 

suku baduy

Suku Baduy terdiri dari Baduy Dalam dan Baduy Luar. Perbedaan dari kedua suku tersebut yaitu sbb :

Untuk Suku Baduy Luar ( Warga Kanekes Luar ) merupakan orang-orang yang telah keluar dari adat dan wilayah Kanekes Dalam karena mereka telah mengenal teknologi, seperti peralatan elektronik dan menggunakan peralatan rumah tangga modern. Ciri khas pakaian mereka yaitu berwarna hitam atau biru tua dan diperbolehkan menggunakan pakaian modern seperti kaos oblong dan celana jeans.

baduy dalam

Untuk Baduy Dalam ( Warga Kanekes Dalam ) masih memegang teguh adat-istiadat nenek moyang mereka,  mereka tidak diperkenankan menggunakan kendaraan untuk sarana transportasi, tidak diperkenankan menggunakan alas kaki dan larangan menggunakan alat elektronik (teknologi). Ciri khas pakaian mereka yaitu berwarna hitam / putih yang di tenun dan dijahit sendiri serta mereka serta tidak diperbolehkan menggunakan pakaian modern seperti Baduy Luar.

adat baduy

Kedua Suku tersebut baik Baduy Luar dan Baduy Dalam memiliki keyakinan yang sama yaitu “Lojor heunteu beunang dipotong, pendek heunteu beunang disambung  yang artinya “(Panjang tidak bisa/tidak boleh dipotong, pendek tidak bisa/tidak boleh disambung)”. Dan bahasa keseharian mereka adalah “Bahasa Sunda”.

Note : Kalian hanya bisa mengambil foto selama berada di Baduy Luar, tetapi jika sudah berada di Baduy Dalam kalian dilarang keras untuk mengambil gambar apapun karena mereka memiliki keyakinan yang kuat untuk tidak difoto.

So gaes, jika kalian ingin tahu lebih banyak tentang budaya Baduy Luar Dan Baduy Dalam, kalian harus pergi ke sana.

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

Desa Terbersih di Dunia Ternyata Ada di Indonesia Loh!

Ada aja ya hal yang bikin makin bangga jadi orang Indonesia. Kali ini ada sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *