Home / Kuliner / Es Pleret Kota Bung Karno

Es Pleret Kota Bung Karno

Kota Blitar itu punya apa aja sih? Sebagai kota kecil, Blitar sudah terkenal dangan makam sang proklamator yang berada tepat di jantung kotanya. Tapi kali ini saya akan menuliskan tentang salah satu kuliner khas kota Blitar, namanya Es Pleret. Percaya atau enggak, selama saya traveling entah dalam negeri ataupun luar negeri, yang namanya Es Pleret ini cuma bisa ditemukan di Blitar kota patria saja.

foto : video.com
foto : video.com

Sekilas, Es Pleret ini mirip dengan es dawet kebanyakan, bisa diklasifikasikan kalau es ini adalah bagian dari family es dawet, atau dawetinaesplereti,Yang membuat Es Pleret ini unik adalah salah satu bahan yang ada didalamnya, yaitu berupa bola – bola kecil yang mirip bakso, dan  kemudian ditemani oleh pelengkap lain berupa cendol (dawet), dan kadang juga ditemani potongan serabi.

foto : hipwee.com
foto : hipwee.com

Bola – bola kecil tadi-lah yang namanya Pleret, terbuat dari tepung, rasanya gurih, dan terisi gula pemanis didalamnya. Menurut saya kuah dari Es Pleret ini tidak terlalu manis seperti Es Dawet kebanyakan. Tetapi ketika Pleret dikunyah, pemanis didalamnya akan membuat kuah Es Pleret menjadi terasa lebih manis. Ditambah lagi rasa gurih Pleret yang membuat rasa es ini semakin unik. Selain itu, sensasi nyess setelah Pleret pecah, dan cairan pemanisnya mulai terasa, memang tidak ada duanya. Begitu unik, enak dan bikin pengen lagi.

foto : kabarimbo.com
foto : kabarimbo.com

Nama Es Pleret sendiri juga tidak muncul begitu saja. Berdasarkan sejarahnya, konon nama ini diambil dari seorang sesepuh Kota Blitar yang bernama Kyai Pleret. Tetapi saya tidak tahu, apakah Kyai Pleret ini  juga yang pertama kali menemukan minuman khas Kota Blitar ini.

Jadi jika kalian main ke Kota Patria jangan lupa mencoba segarnya Es Pleret…
Sumber : catperku.com

About yudhi nurdiyansyah

Check Also

Mencari Soto Ayam Kampung Asli? Ke Warung Niki Echo Aja!

  Kamu penikmat soto atau pemburu kuliner? Kalau iya, artinya kamu wajib banget nih icip …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *