Home / Editor Picks / Enggano, Pulau Kecil yang ada di samudra hindia

Enggano, Pulau Kecil yang ada di samudra hindia

Pulau Enggano adalah salah satu pulau kecil yang terletak paling Luar Indonesia tepatnya di Samudra hindia sebelah Barat Provinsi Bengkulu. Pulau Enggano yang dalam bahasa Portugis berati pulau kecewa masuk kedalam wilayah pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu dan dipulau ini tercatat memiliki 1 buah kecamatan dan pusat pemerintahanya berada di Desa Apoho.

Lokasinya berada di Samudra Hindia (foto: wikipedia)

Luas wilayah Pulau Enggano sendiri mencapai 400,6 km² dan memiliki enam desa yaitu Desa Banjarsari, Meok, Apoho, Malakoni, Kaana,dan Kahyapu. Disekitar pulau Enggano ini juga banyak pulau-pulau kecil lainya yaitu Pulau Dua,Merbau, Bangkai yang terletak di sebelah barat Pulau Enggano, dan Pulau Satu yangberada di sebelah selatan Pulau Enggano.

Pesona Pantai di enggano (foto :oknusantara.com)

Karena posisinya cukup jauh maka untuk menuju pulau ini bisa ditempuh dari 2 tempat yakni dari ibukota Bengkulu sekitar 156 km atau 90 mil laut, sedangkan jarak terdekat bisa ditempuh dari kota Manna ibu kota kabupaten Bengkulu Selatan sekitar 96 km atau 60 mil laut.

Burung di pulau enggano ( kutilangindonesia.wordpress )

Untuk sampai ke pulau ini kalian bisa menggunakan kapal yang beroperasi dari pelabuhan Pulau Baai kota Bengkulu dengan tarif sekitar Rp 65.000 untuk penumpang dewasa dan Rp 35.000 untuk anak-anak. Tak hanya melalui laut, kini pemerintah Bengkulu sudah membangun bandara kecil yang bisa langsung terbang kepulau ini denganw aktu tertentu saja.

suku asli enggano (foto : regional.kompas.com)

Penduduk asli Pulau Enggano adalah Suku Enggano. Suku enggano juga terbagi menjadi lima puak asli (suku) dan Semuanya berbahasa sama, bahasa Enggano. Suku atau Puak Kauno yang mulai menempati tempat ini pada zaman Belanda (sekitar tahun 1934). Selain Suku Kauno, terdapat Suku Banten (pendatang), dan empat suku lainnya. Suku Enggano memakai Bahasa Enggano dalam percakapan sehari hari. Penduduk pulau ini rata-rata hidup dari perkebunan kakao dan merica/lada yang hasilnya dijual ke Kota Bengkulu.

foto : engganoisland.com

Meski pulau enggano masih jarang dikunjungi wisatawan dan belum terkenal namun potensi wisata dipulau ini cukup bagus. Berada diperaian samudra hindia membuat bibir pantai pulau enggano cocok untuk berwisata selancar dan menikmati keindahan pantai yang bersih dan masih alami. Hutannya yang masih lebat juga membuat kawasan pulau ini dihuni berbagai binatan liar seperti babi, burung kijang dan lainya. Tak heran jika wisatawan yang datang kesini selain berwisata alam juga bisa wisata berburu babi.

Danu dan sungai di enggano (Foto: LIPI)

Oh ya Dipulau ini juga terdapat Gunung yang cukup tinggi bernama Gunung Kana Buwabuwa yang memiliki ketinggian 281 mdpl. Pemandangan utama yang disuguhkan dari punca gunung ini adalah hamparan laut lepas dan hijaunya pepohonan disekitar pulau.

Indahnya pulau enggano (foto : life.viva.co.id)

Beberapa objek wisata alam lainya adalah kawasan konservasi Hutan Suaka Alam Kioyo I dan Kioyo II, Hutan Suaka Alam Teluk Klowel, Hutan Wisata Alam Tanjung Laksaha dan Hutan Suaka Alam Bahuewo. Bahkan yang membuat pulau ini semakin menarik adalah keberadaan suku-suku yang mendiami Pulau Enggano dengan ke khasan budayanya sendiri dan akan menarik wisatawan untuk mengenal lebih jauh penduduk engano.

Refrensi : wikipedia

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Goa Rangko. Sensasi Kolam Pribadi Alami Di Nusa Tenggara

Hai guys, sebagai seorang backpacker tentunya keinginan untuk mengexplore keindahan yang ada di dunia khususnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *