Home / Blog / Alam & Taman / Destinasi Wisata Dan Kuliner Yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan Ke Belitung

Destinasi Wisata Dan Kuliner Yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan Ke Belitung

Bangka Belitung adalah sebuah provinsi yang namanya diambil dari dua pulau yaitu Bangka dan Belitung, kepulauan Bangka Belitung memiliki ratusan pulau dan keindahan nya. Maka dari itu kalian harus menjadwalkan liburan kalian ke pulau yang memiliki destinasi wisata yang cukup indah di Indonesia ini.

Daerah ini juga terkenal dengan hasil timahnya yang cukup besar di Indonesia. Apabila kalian berkunjung ke sini dan menjumpai banyak klenteng yang digunakan sebagai tempat ibadah, itu adalah hal yang biasa karena sebagian penduduk dari Bangka Belitung ini adalah dari etnis China.

New Image2

Kelenteng Kelapa Kampit

Berikut adalah beberapa destinasi wisata dan kuliner yang wajib dikunjungi jika kalian berlibur ke Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi

Salah satu pantai kebanggaan Kabupaten Belitung yaitu Pantai Tanjung Tinggi yang terletak 30 Km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Pantai ini pernah dijadikan tempat syuting film terkenal yaitu Laskar Pelangi. Pesona kecantikannya serta hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan serta hamparan bebatuan yang berada di sekitar pantai menjadi daya tarik dari pantai ini.

New Image3

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi, selain Pantai Tanjung Tinggi. Di sana terdapat hamparan pasir putih dan bebatuan granit besar ditambah pemandangannya ssangat memanjakan mata bagi siapapun yang mengunjunginya.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah salah satu primadona pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882.

Pantai Bukit Berahu

Pantai Bukit Berahu Belitung berada agak tersembunyi di kaki Bukit Berahu, yang bisa diakses dengan menuruni 96 anak tangga. Lumayan tinggi memang, namun hamparan pasir putih dan bebatuan di pinggir pantai ini lah yang menjadi daya tarik pantai ini.

New Image1

Danau Kaolin

Wisata di Bangka Belitung kebanyakan adalah pantai-pantai indah dengan batuan besar, seperti yang kita lihat di film Laskar Pelangi. Ternyata selain wisata pantai memukau, Bangka Belitung juga memiliki sebuah tempat wisata yang tak kalah indahnya. Kawasan wisata ini mirip dengan Kawah Putih yang ada di daerah Ciwidey, Jawa Barat. Namanya adalah Danau Kaolin.

Museum Kata Andrea Hirata

Museum ini dibangun oleh Novelis Andrea Hirata. Di tempat ini, semua yang berkaitan dengan film Laskar Pelangi lengkap disuguhkan untuk pengunjung. Selain itu, ada pula puisi hingga novel dari sang pemilik, Andrea Hirata.

New Image4

SD Laskar Pelangi

Replika bangunan Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Gantong banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah yang ingin mengetahui langsung sekolah yang terkenal melalui film Laskar Pelangi. Replika bangunan SD Gantong dengan bangunan kayu beratap seng yang tampak bobrok itu bertempat di halaman SD Negeri 9 Desa Selingsing, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur.

Bakmi Belitung Atep

Kalau Anda sedang  wisata kuliner ke Pulau Belitung jangan lupa mampir makan Mie Belitung Atep di Kota Tanjungpandan. Mie Belitung adalah mie kuning yang disiram kuah udang dan ditaburi bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo dan taoge ini sangat khas rasanya karena tidak ada di kota lain.

gastronomyaficionado

Sumber : gastronomyaficionado

Warung Makan Timpo Duluk

Selain alam, pantai dan fenomena laskar pelangi,  di Belitung juga memiliki rumah makan yang menujukkan ciri khas Belitung ini. Salah satunya adalah yang kini sedang populer dan menarik yaitu “Rumah Makan Belitong Timpo Duluk”. RM Timpo Duluk terletak di Jalan Mat Daud, Kampung Parit, Kelurahan Parit, Kabupaten Belitung, Tanjung Pandan.

uknowmjblogspot

Sumber : uknowmjblogspot

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

Liputan Trip Explore Pulau Wayang Part #2, Lampung

Belakangan ini Pulau Wayang menjadi semakin ramai didatangi karena sering dijuluki sebagai Raja Ampat nya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *