Home / Blog / Danau & Sungai / Danau Napabale, Danau Indah di Sulawesi Tenggara

Danau Napabale, Danau Indah di Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara tak hanya mempunyai Waktobi saja sebagai kawasan wisata yang sangat indah. Kini disalah satu Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara ada danau yang cukup unik dengan beragam keindahnya.

foto : wisatasulawesi.com
foto : wisatasulawesi.com

Danau Napabale salah satu danau yang saat ini tengah digandrungi masyarakat luas tak hanya warga Muna saja tetapi hampir dari luar kota bahkan mancanegara. Pasalnya Danau yang berada diperbatasan tepi Laut ini sungguh unik mengingat ada sebuah Terowongan panjang sekitar 30 Meter dengan lebar sekitar 9 meter yang bisa kamu lewati menuju lautan lepas.

foto : dhytdhyt.blogspot
foto : dhytdhyt.blogspot

Apabila air sedang pasang kamu tidak bisa melewati trowongan ini karena cukup berbahaya. Danau yang terletak diantar aperbukitan ini rasanya jarang ditemui di Indonesia terlebih berada tepat disebelah Lautan. Disekeliling danau kita dapat melihat bongkahan bongkahan batu karang diselimuti pepohonan hijau yang mencuat di permukaan air dan mengelilingi sekeliling danau berair asin ini.

foto : tripadvisor.com
foto : tripadvisor.com

Pemerintah setempat mulai membenahi kawasan wisata yang cukup potensial ini. Oh ya buat kamu yang suka berenang jangan khawatir karena didanau ini kamu bisa bernenag sepuasnya menikmati kesegaran airnya dan hamparan pasir disekeliling danau. Buat kamu yang hanya ingin menikmati pemandanganya saja, kamu juga bisa mengelilingi danau dengan perahu masyarakat setempat yang disewakan.

foto : liburan.info
foto : liburan.info

Danau Napabale sendiri terletak sekitar 15 Km dari Kota Raha ibu kota Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Untuk menuju danau ini kita dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang siap mengantarkan para wisatawan ke danau ini.

Terowongan Menuju Laut (fopto:baizulzaman.wordpress)
Terowongan Menuju Laut (fopto:baizulzaman.wordpress)

Untuk sampai ke danau ini kita tidak membutuhkan waktu terlalu lama, hanya menempuh perjalanan sejauh ± 15 Km dari pusat kota raha. Beberapa kilometer dari napabale ada sebuah situs peninggalan purbakala yang terletak di atas ketinggian bukit dan tidak dapat pula di tinggalkan, yaitu Situs Peninggalan Purbakala Liang Kobori dan Metanduno.

foto : panoramio.com
foto : panoramio.com

Akses / Rute

Dari Bandara Walter Mongonsidi Kendari, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Bandara Sugimanuru, Kabupaten Muna dengan menggunakan pesawat perintis. Kemudian untuk menuju Kota Raha dari Bandara Sugimanuru, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum dengan perjalanan sekira 30 menit. Dari Kota Raha perjalanan dilanjutkan lagi menuju Danau Napabale dengan menggunakan taksi atau ojek dengan waktu perjalanan sekira 20 menit.

sumber : wikipedia

About Mr Edoy -

Foto Profil dari Mr Edoy -
Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Pendakian Gunung Guntur Dan Penanaman Bibit Pohon

Gunung Guntur ? Yupz, siapa sih yang gak kenal sama Gunung Guntur! Gunung yang sering …

One comment

  1. Terima kasih sdh menautkan foto dari blog saya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *