Home / Blog / Danau & Sungai / Danau Laut Tawar: Kawasan Wisata di Aceh Yang Murah Tapi Tidak Murahan

Danau Laut Tawar: Kawasan Wisata di Aceh Yang Murah Tapi Tidak Murahan

Haloo Sobat Traveler!

Berbicara tentang kawasan wisata di Aceh, biasanya yang terlintas dipikiran kita pasti Masjid Raya Baiturrahman, atau Museum Tsunami. Padahal selain itu Aceh juga masih memiliki banyak sekali tempat wisata yang salah satunya adalah Danau Laut Tawar. Hmmm… jadi kita mau bahas danau apa laut nih?? Eiiits jangan bingung sobat traveler, kita simak aja yuk.

Danau Laut Tawar adalah kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Di sebelah barat danau ini terdapat Kota Takengon yang merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebarnya 3,219 km. Karena memiliki wilayah perairan yang sangat luas seperti lautan danau ini diberi nama Danau Laut Tawar, kata tawar sendiri tentu saja berasal dari airnya yang tawar. Nah… udah nggak bingung lagi kan sobat traveler.

Pemandangan alam di sekitar Danau Laut Tawar yang diapit oleh dua bukit ini menyajikan keindahan yang sangat mempesona bagi para pengunjung, air tawarnya menyimpan banyak sekali flora dan fauna, salah satunya yang paling terkenal adalah ikan depik. Ikan depik bentuknya seperti ikan hias bertubuh ramping bersisik putih berkilau dengan ukuran sebesar jempol tangan dan merupakan spesies yang hanya ada di Danau Laut Tawar. Di danau ini para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti berenang, berlayar, memancing dan menyelam.

Akses menuju Danau Laut Tawar ini sangat mudah loh sobat traveler, sebaiknya ditempuh melalui kota Bireun karena disana terdapat terminal tempat angkutan elf yang khusus ke Takengon. Lamanya perjalanan kurang lebih sekitar 5 jam. Untuk berwisata ke Danau Laut Tawar tidak dikenakan biaya. Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan akomodasi yang memadai diantaranya penginapan-penginapan di sekitar danau dan kapal boat yang bisa disewa untuk mengelilingi danau.

Para pengunjung juga bisa sekaligus berwisata kuliner dengan mencicipi ikan depik yang nikmat dan khas Danau Laut Tawar, selain itu juga bisa mencicipi Kopi Takengon atau Kopi Gayo.

Seru kaaan, jadi jangan lupa masuk list destinasi kalo wisata ke Aceh ya sobat traveler!

Sumber: www.telusurindonesia.com

About Budi3

Check Also

Part 2!! Explore Keindahan Nagari Minangkabau, Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi terluas di urutan kesebelas dengan ibukota Padang yang memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *