Home / Blog / Air Terjun / Curug Totos Tegal

Curug Totos Tegal

Seolah tak mau kalah dengan daerah lain, Tegal juga mempunya curug-curug yang tak kalah indahnya. Salah satu curug tersebut adalah curug Totos. Curug Totos terletak di antara desa Tuwel dan Bumijawa. Tepatnya tak jauh dari jembatan  penghubung antara dua wilayah tersebut. Entah mengapa di sebut Curug totos sayapun penasaran dan ingin melihat langsung pesona curug tersebut.

 

curug Totos tegal 1

Curug Totos tegal 1

Ada dua Curug yang tertera dalam spanduk besar yang terpampang di area tersebut, curug Longan dan Curug Totos, tetapi hanya satu petunjuk yang mengarahkan anda ke Curug Totos. Anda dapat menyusuri dan mengikuti sesuai petunjuk yang ada. Tak kurang dari 3 menit anda akan sampai di tepian sungai. Terdapat jembatan penyebrangan yang unik. Uniknya karena jembatan ini alami dari sebongkah batu besar yang berbentuk seperti jembatan. Batu ini di manfaatkan penambang pasir untuk menampung pasir sementara sebelum di bawa ke atas.

curug totos tegal 2

curug totos tegal 2

Trek yang akan anda lalui tak sulit hanya melewati sedikit tanjakan dan menyusuri beberapa semak anda akan sampai dan mendengar gemuruh Curug yang sangat deras. Untuk mendekati curug totos anda harus menyebrangi sungai dengan meniti batang bambu yang melintasi aliran sungai.

 

curug totos tegal 3

curug totos tegal 3

Walau tak terlalu tinggi, curug ini mampu membeberikan sensasi yang lain. Curug Totos berketingian sekitar hampir 20 meter. Aliran yang datang diantara dua celah bebatuan dengan guyuran air yang sangat deras membuat muara ini tak dapat untuk bereng. Anda hanya memandang dari kejauhan, tanpa dapat menyentuh bibir deburan curug, saat mendekatkan diri ke deburan tersebut tentu akan mendapatkan sensasi yang luar  biasa, terpaan embun kembali menyapa sangat deras hingga membuat basah.

curug totos tegal 4

curug totos tegal 4

Sambil menikmati pesona curug totos anda bisa berisirahat di sebuah kursi yang terbuat dari bambu, tempat ini mungkin sengaja di buat untuk penikmat keindahan curug Totos. Anda boleh kapan saja kesini dengan tanpa di pungut bayaran sepeserpun tetapi ingat curug nan indah yang harus tetap di jaga agar tak tercemai oleh perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Boleh menikmati tetapi jangan mengotori apalagi merusak. Lestarikan alam indonesia yang tercinta ini.

 oook

Sumber : Jalantraveller blogspot.co.id

About Supriyadi

Check Also

Pesona Air Terjun Gunung Bintan

Gunung Bintan. Letaknya kira-kira 35 kilometer disebelah timur tanjung uban. Mampu di raih dalam disaat setengah jam. Ada yang aneh dengan gunung bintan. Dari jauh ia terlihat demikian menjulang, tetapi makin mendekat, gunung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *