Home / Blog / Air Terjun / Curug Jenggala, Air Terjun Romantis & Cantik di Baturraden Purwokerto

Curug Jenggala, Air Terjun Romantis & Cantik di Baturraden Purwokerto

Yang mau backpackeran nanti ke Baturraden Purwokerto di Jawa Tengah, wajib mampir ke Curug Jenggala. Di depan air terjunnya terdapat spot foto bersimbol Love. Ayo berpose di sini!

deck selfie ‘love’, spot favorit pengunjung

Siapa kira, ternyata di lokasi Baturaden ada banyak surga tersembunyi. Satu di antara yaitu Curug Jenggala. Curug Jenggala merupakan salah satu tempat wisata favorit di Banyumas, tepatnya berada di daerah Dusun Kalipagu, Desa Ketenger Kecamatan Baturaden.

Sendiri bukan berarti sendirian. hahaha…

Memanfaatkan liburan long weekend, saya dan beberapa teman saya sepakat untuk memasukan curug ini ke dalam daftar kunjungan saya. Perjalanan saya dimulai dari rumah embah teman saya yang ada di Banyumas. Dengan mengendarai motor, perjalanan dimulai ke arah Baturraden, sebelum sampai ke lokawisata Baturaden melewati gerbang selamat datang Sesa Ketenger, ada di sebelah kiri jalan sebelum sampai ke Baturraden. Masuk lewat Desa Ketenger menuju ke arah Curug bayan.

Dari Curug bayan ternyata bisa ditempuh hanya 5 sampai 10 menit saja. Jika sudah sampai di curug bayan ambil ke arah kanan, ikuti jalan sampai ketemu loket. Kondisi jalanan yang sempit dan menanjak, membuat saya harus ekstra hati-hati. Sampai di loket dikenakan tiket untuk masuk ke lokasi sebesar Rp 5.000 per orang. Oh iya, di lokasi ini tidak disediakan lahan parkir, jadi saya menitipkan kendaraan di rumah warga.

View Curug Jenggala dari bawah

Ternyata jarak antar tempat parkir dan lokasi Curug Jenggala bisa dibilang cukup jauh, memerlukan waktu 30 sampai 45 menit untuk berjalan kaki dari tempat parkir menuju objek wisata ini. Namun perjalanan jauh ini terbayarkan dengan pemandangan pepohonan rindang yang amat sejuk, dan tentunya lokasi objek wisata Curug Jenggala yang dijamin keindahannya.

Di sepanjang perjalanan menuju curug saya disuguhi pemandangan yang memanjakan mata, melewati jalan setapak yang indah di samping PLTA. Sesampainya di bendungan PLTA, jalanan menuju curug berubah menjadi tanah liat yang sangat licin, yang dibentuk undak-undakan sebagai jalur naik-turun. Di sini semuanya masih memakai bambu yang ala kadarnya. termasuk jembatan kayu yang melintasi sungai yang hanya memiliki satu pegangan.

Viev yang memanjakan mata pd saat trekking

Tapi dari semua itu yang paling hits dan menarik perhatian tentu saja adalah keberadaan Selfie Deck yang berbentuk Love letaknya diatas tebing dan kalau foto di sini kita akan mendapatkan background 3 aliran Curug Jenggala dari ketinggian. Pasti suasananya semakin terlihat romantis jika kita berfoto dengan orang yang kita sayangi.

Setelah berfoto di selfie deck, saya mencoba turun ke bawah menuruni tangga tanah liat, menyeberangi sungai dan mendekat ke arah curug. Debit air di curug ini lumayan deras dan kencang. Beberapa saya melihat orang-orang mandi di pinggir curug. Curug jenggala masih memiliki pemandangan yang alami, dengan pohon-pohon yang masih rindang. Yang menambah cantik curug ini adalah memiliki 3 aliran air terjun yang berjejer melebar dimana air terjun utama berada di tengah dengan aliran paling deras.

Setelah puas mengexplore curug ini, saya kemudian mencoba mengunjungi Curug Pengantin yang memang letaknya berada diatas Curug Jenggala. Curug Jenggala sangat recomended buat dikunjungi, baik untuk keluarga maupun remaja yang sedang jatuh cinta. Dan jangan lupa membawa perbekalan, karena di curug ini warung masih jarang.

About Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Check Also

Wisata Kekinian Di Lembah Harau, Sumatera Barat

Jika anda berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk menyempatkan diri singgah di lokasi ini. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *