Home / Blog / Gunung / Cumbri, Bukit kece diujung timur kota wonogiri

Cumbri, Bukit kece diujung timur kota wonogiri

Wonogiri, kota yang berslogan wonogiri sukses ini, memang selalu sukses menawarkan lokasi wisata yang menarik. Karena lokasinya yang merupakan daerah pegunungan, tentu daerah ini menyimpan banyak potensi wisata yang tersembunyi. Salah satunya adalah Bukit cumbri, sebuah bukit elok yang berlokasi di desa biting kecamatan purwantoro, Wonogiri ini merupakan sebuah bukit yang nge-hits banget di media sosial.

bukit cumbri

Cumbri, merupakan sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 638mdpl. Bukit ini sangat cocok bagi anda yang baru pertama kali mendaki. Selain ketinggian yang cocok bagi pendaki pemula, pemandangan yang cantik juga ditawarkan oleh si bukit mungil ini. sepanjang perrjalanan menuju cumbri kita akan menikmati pemandangan pohon jambu monyet. jika anda melihatnya, jangan sampai tergoda untuk memetik buah ini ya, karena ini merupakan perkebunan milik warga. So, tahan diri ya kalo melihat buah jambu monyet selama diperjalannan guys.

Nah, si bukit cantik ini memiliki beberapa jalur pos yang bisa dilalui. Pos 1 , jalur tiimur melaui desa Jatisari Biting, pos ini sudah berbatasan langsung dengan kota ponorogo jawatimur. Pos 2 , jalur tengah melalui Dusun Sumber,biting. dan terakhir Pos 3 , jalur barat melalui Desa Kepyar , dan semua pos berlokasi di Kecamatan Purwantoro. Jangan khawatir , untuk mendakinya kita tidak perlu bersusah payah, hanya dalam waktu 15menit sampai 30menit saja kita bisa mencapai puncaknya sesuai dengan jalur dan kecepatan langkah kita. dari atas ketinggian 638, akan tampak pemandangan yang luar biasa. hamparan perkebunan dan rumah warga tampak berjajar rapi dari atas.

bukit cumbri 2

Puncak cumbri merupakan batu bertebing, jika sudah sampai diatas kita akan melihat tebing yang lokasinya agak rendah dan satu tebing yang lokasinya lebih tinggi. sehingga ketika kita berada diatas, kita akan merasakan sensasi berada di 2 tebing sekaligus. Hmm view yang Luar biasa. Masih belum puas dengan spot tebingnya, Landscape cumbri menghadirkan view yang berbeda. Kalau kita pernah mendengar Chocolate hills di negara filipina, mungkin si kece cumbri ini bisa mewakilinya. sebuah tebing dengan background bukit bukit dibelakangnya, akan membuat kita berdecak kagum. Bukit cumbri ini memang istimewa sekali.

bukit cumbri 3

transportasi menuju bukit cumbri bisa dilalui dari provinsi jawa tengah via kota solo menuju kota wonogiri dilanjutkan ke kota purwantoro. atau jika anda dari jawa timur anda bisa langsung menuju kota ponorogo kemudian menuju kota purwantoro. namun untuk bisa masuk ke area pedesaan hanya bisa menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4 saja, mengingat lokasinya berupa jalanan berkelok, naik turun dan tergolong sempit. di setiap pos sudah tersedia area parkir, Rp.2000,- untuk kendaraan bermotor, Rp.5000 untuk mobil dan bagi anda yang ingin menginap/camping. untuk rutenya tinggal ikuti setiap petunjuk tanda panah/ tulisan berbahasa jawa “munggah” yang artinya naik. Selain itu anda juga bisa mampir membeli oleh2 khas purwantoro ini, yaitu “kacang mete” hasil olahan dari buah jambu monyet tadi.

Nahh, gimana?? makin penasaran bukan??? Let’s check it

About Defi Susisusanti

Foto Profil dari Defi Susisusanti
Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Pendakian Srikandi!! Gunung Andong via Sawit, Jawa Tengah

Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *