Home / Blog / Alam & Taman / Bukit Siguntang di Palembang

Bukit Siguntang di Palembang

Jika kalian sedang berkunjung ke kota Palembang, diharapkan para traveller mampir ke Bukit Siguntang. Di Bukit Siguntang, selain jalan-jalan menikmati indahnya taman, disamping itu kita bisa melihat dan belajar mengenal peninggalan bersejarah pada jaman Kerajaan Sriwijaya.

Bukit Siguntang merupakan sebuah bukit kecil setinggi 29—30 meter dari permukaan laut yang terletak sekitar 3 kilometer dari tepian utara Sungai Musi dan masuk dalam wilayah kota Palembang, Sumatera Selatan. Lokasi Bukit Siguntang berada di kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang. Bukit ini berjarak sekitar 4 kilometer di sebelah barat daya pusat kota Palembang, dapat dicapai dengan menggunakan angkutan umum menuju jurusan Bukit Besar.

310px-Buddha_Seguntang_Palembang
foto : id.wikipedia.org

Di daerah Bukit Seguntang juga ditemukan fragmen arca Bodhisattwa. Kepala arca digambarkan dengan rambut yang tersisir rapi dengan ikatan seutas pita yang berhiaskan kuntum bunga. Di bukit ini juga ditemukan reruntuhan stupa dari bahan batu pasir dan bata, fragmen prasasti, arca Bodhisattwa batu, arca Kuwera, dan arca Buddha Wairocana dalam posisi duduk lengkap dengan prabha dan chattra.

Tempat-Wisata-di-Palembang-Taman-Purbakala-Bukit-Siguntang
foto : xyztempatwisata

Di puncak bukit ini terdapat beberapa makam yang dipercaya sebagai leluhur warga Palembang dikaitkan dengan tokoh-tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya. Bukit yang dipenuhi taman dan pepohonan besar ini dipercaya sebagai kompleks pemakaman raja-raja Melayu. Terdapat tujuh makam di bukit ini, yaitu makam Raja Sigentar Alam, Pangeran Raja Batu Api, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Panglima Tuan Junjungan, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang.

800px-Bukit_Seguntang_Tombs
foto : id.wikipedia.org

Setelah para pengunjung menikmati berbagai koleksi purbakala peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang ada di Bukit Siguntang, kalian bisa berjalan-jalan di taman yang di sekitarnya banyak pepohonan yang tumbuh membuat suasana lebih sejuk.

 

About RARA.diandra

Check Also

Liputan Trip Eksplore Kawah Ratu Part 4 Backpacker Jakarta

Sabtu, 23 September 2017 kemarin Backpacker Jakarta (BPJ) kembali mengadakan trip Ekplore Kawah Ratu untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *