Brown Canyon Semarang Tempat Hunting Photo Yang Menarik

brown-canyon-1
Di bulan Oktober 2016, saya  mengikuti acara gathering kantor dan mengunjungi Brown Canyon di Semarang. Brown Canyonmerupakan tempat  proyek galian yang sudah berumur 10 tahun lebih. Dan disinilah tempat mengais rejeki bagi sebagian orang dengan melakukan penggalian pasir, penggalian tanah urug dan batu padas.
Brown Canyon sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan perbukitan biasa, namun karena penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun akhirnya berubah wujud seperti layaknya Grand Canyon yang ada di Amerika, sebuah ngarai tebing-terjal. Perbedaan nya, di Brown Canyon takada sungai yang mengalir di bawah tebing dan hanya ada truk-truk dan alat-alat berat yang siap mengeruk batu-batu padas untuk diangkut.
Dikarenakan Brown Canyon sebenarnya bukanlah tempat wisata tentu saja para wisatawan harus mencari petunjuk arah sendiri, karena warga sekitar hanya tahu bahwa tempat tersebut hanyalah sebagai tempat penambangan material berupa pasir, tanah urug dan batu padas dengan jalannya tidak terlalu bagus, berdebu, masih bergelombang dan banyak genangan air jika hujan.
brown-canyon-2
Dengan segala keterbatasan nya mungkin bagi sebagian orang Brown Canyon kurang menarik hanya perbukitan biasa dan melihat aktivitas penggalian. Tapi tidak untuk sebagian orang terlebih para pencinta fotografi. Keindahan panorama alam yang eksotik membuat Brown Canyon Semarang ini menjadi salah satu tempat yang menarik dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncak nya membuat tempat ini layak untuk dikunjungi. Buat saya pribadi setelah perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta melihat pemandangan di Brown Canyon cukup unik, menyegarkan mata dan pikiran dari rutinitas sehari-hari.
brown-canyon-3

Lokasi Brown Canyon

Brown Canyon terletak di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang, lumayan jauh dari pusat keramaian kota Semarang.  Lokasinya sebelah selatan dari stasiun TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading, Mranggen.

Rute menuju Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang bisa dijangkau dari berbagai arah. Pengunjung bisa melewati pasar Meteseh via Tembalang, Kedungmundu atau RSUD Klipang.

Rute Brown Canyon dari Semarang timur bisa melewati jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng), kemudian mengambil arah kiri (arah perum Klipang) dan menuju lokasi Klipang Golf. Setelah sampai Klipang Golf, lanjutkan dengan melewati jembatan besi. Setelah jembatan besi ketiga (jembatan dengan sungai yang besar) akan ada pertigaan ke arah selatan (belok kanan). Lurus saja kurang lebih 2 KM Anda akan melihat keindahan Brown Canyon Semarang.
Rute Brown Canyon dari arah Batang, Kendal dan Simpang Lima Semarang atau dari arah barat bisa melewati pertigaan “pasar kambing”, melewati Mrican, Kedung Mundu, Sambiroto, pertigaan Intan Permai belok kiri (Jl. Elang), kemudian sampai perempatan Pasar Meteseh belok kiri.
Rute Brown Canyon dari arah Solo, Yogya dan Semarang atas bisa melewati Banyumanik, Tembalang, UNDIP dan kemudian menuruni Sigar Bencah sampai perempatan Pasar Meteseh langsung ambil jalan lurus.

Yang perlu dipersiapkan saat menuju Brown Canyon Semarang
Brown Canyon merupakan tempat panambangan bahan material yang masih aktif maka datanglah pada waktu diluar jam kerja, jika terpaksa harus datang disaat jam kerja maka jangan lupa persiapkan masker atau buff sebagai penutup mulut dan kacamata untuk pelindung mata.

Tiket masuk
Saat kami datang ke Brown Canyon tarif masuk per orang Rp 5.000 dan parkir mobil Rp 10.000 per mobil. Di lokasi ini belum terdapat tempat parkir tidak ada penjual makanan serta fasilitas lainnya.
Dengan keindahan pemandangan alam dan tebing – tebing yang menjulang tinggi membuat Brown Canyon Semarang layak untuk dijadikan tempat tujuan wisata yang patut dikunjung di Indonesia.