Home / Blog / Alam & Taman / Berselancar Indah di Pantai Lagundri Dan Sorake

Berselancar Indah di Pantai Lagundri Dan Sorake

Ada Pulau Kecil dibagian barat pulau Sumatra yang berhadapan langsung dengan lautan lepas Samudra Indonesia dan juga tempat bertemunya teluk sehingga menawarkan pemandangan pantai dengan ombak yang cukup tinggi dan bergulung, pulau itu bernama Pulau Nias.

new-image1

Sumber : wisatasumutpaten

Pulau Nias berjarak sekitar 125 km dari pulau Sumatra, letaknya sedikit terpencil namun mempunyai 2 pemandangan pantai yang luar biasa yaitu Pantai Lagundri dan Pantai Sorake. Kedua pantai tersebut terletak di desa Botohilitano, kecamatan Teluk Dalam, kabupaten Nias Selatan, provinsi Sumatra Utara dengan jarak keduanya hanya 2 km dan berlokasi 12 km dari teluk dalam.

Bukan hanya mempunyai landscape pemandangan pantulan warna biru dari air laut yang jernih dengan pasir putihnya, pantai Lagundri dan pantai Sorake juga merupakan tempat berkumpulnya para surfer, bisa juga digunakan belajar surfing untuk para pemula.

new-image9

Sumber : lihat.co.id

Nah, untuk proses belajarnya anak – anak muda dari warga setempat siap menjadi pelatih dan akan memberikan informasi jenis – jenis ombak yang ada dikawasan tersebut. Untuk para pemula yang ingin belajar berselancar sebaiknya datang di pagi hari,  karena ombaknya tidak terlalu tinggi, sedangkan untuk yang sudah mahir kemudian penasaran untuk menaklukkan ombaknya, disarankan  datang di siang atau sore hari. Pantai Lagundri beberapa kali menjadi tempat lomba berselancar baik nasional maupun internasional, Nias Open adalah salah satu kejuaraan rutin dengan peserta dari berbagai negara.

new-image5

Sumber : wisatasumutpaten

Jika Para pengunjung atau surfer masih ingin berlama – lama menikmati pemandangan pantai Lagundri dan Sorake , disediakannya homestay yang berjajaran tepat dibibir pantai Lagundri dan Sorake. Tarif dikenakan mulai dari harga Rp 75.000,- per malam dengan fasilitas tempat tidur, toilet, air berish, listrik dan kipas angin.

Menuju kawasan Pantai Lagundri dan Sorake akses terdekatnya yaitu kota Sibolga dapat menggunakan jalur darat dan udara.

Jalur Darat

Berangkat dari kota Sibolga terdapat Armada Angkutan Travel dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi yang dikelola Oleh PT Antar Lintas Sumatera, PT Makmur dan PO. Bintang Utara setiap harinya. Selanjutnya perjalanan menggunakan Kapal Motor yang berangkat pada pukul 21:00 WIB, maka akan tiba di Pulau Nias esok harinya Pukul 07:30 WIB.

Untuk Pengunjung yang ingin melakukan transportasi murah meriah dapat menggunakan kapal laut atau ferry, hanya saja perjalanannya akan membutuhkan waktu sekitar 11 jam untuk menyebrang ke Pulau Nias dari kota Sibolga.

Jadwal Ferry setiap hari pukul 20.00 WIB kecuali hari minggu (tidak ada kapal berlayar)

Harga Tiket ekonomi sebesar Rp 69.000,-

Harga Tiket Cabin Rp 103.000,-

Pembelian da pemesanan tiket bisa di pelabuhan Sibolga atau jalan Yos Sudarso kota Gunungsitoli

Ada alternatif kapal setiap hari Senin, Rabu dan Jumat tujuan Sibolga (Sumut) – Teluk Dalam ( Nias Selatan). Pembelian dan pemesanan tiket dapat melalui Pelabuhan sibolga. Harga Tiket ekonomi Rp 80.000,-.

Jalur Udara

Dapat berangkat dari Bandar udara Internasional Kualanamu (Medan) menuju Gunungsitoli dengan 2 maskapai penerbangan yaitu Merpati dan Wings Air. Keduanya mempunyai waktu penerbangan yang sama pada pukul 07.00 WIB setiap harinya. Jadwal pulang keduanya juga dari Gunungsitoli sekitar jam 08.20 WIB. Biaya penerbangan kedua maskapai berkisar Rp 700.000,- untuk 1 kali penerbangan.

Berangkat dari Jakarta

Ada kapal mingguan dari Jakarta menuju ke Gunungsitoli dengan perjalanan yang dialnjutkan dengan feri dari Sibolga ke Gunungsitoli, Teluk Dalam atau Lahewa setaip hari. Dapat juga menggunakan bus PT, Antar Linstas Sumatra (ALS) dari Lebak Bulus menuju Sibolga, kemudian menggunakan Kapal Motor yang berangkat pukul 21.00 WIB dan akan tiba esok harinya pukul 07.30 WIB di Pulau Nias.

Hmmm..terbayangkan? menakjubkannya jika ombak tersebut mempunyai ketinggian 5 – 10 Meter. Waw..hal ini tentunya menjadi surga untuk para perselancar.

new-image4

Sumber : lihat.co.id

Yuk kita coba hal baru menari – nari diatas ombak

Sumber:

http://niastourismboard.com/id/pantai-sorake-pantai-lagundri/

Pantai Lagundri & Pantai Sorake

Created by : Afra

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Check Also

Mengapungkan Diri Di Pantai Tureloto

Kamu pasti udah tahu dimana pantai yang bisa bikin kamu aman meskipun kamu nggak bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *