Home / Blog / City Tour & Landmark / Bendungan Sampean Baru, Destinasi “Instagenic” Di Bondowoso, Jawa Timur

Bendungan Sampean Baru, Destinasi “Instagenic” Di Bondowoso, Jawa Timur

Adalah Bendungan Sungai Sampean Baru di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, bisa menjadi destinasi wisata alternatif, jika kalian sedang berwisata ke kota yang telah mendeklarasikan dirinya sebagai “Republik Kopi”

Konstruksi di Bendungan Sampean Baru ini sekilas nampak seperti bendungan-bendungan megah di luar negeri. Beton-beton yang disusun rapi di depan bendungan, serta tumbuhan enceng gondok di sekitarnya membuatnya nampak cantik dan sangat cocok dijadikan sebagai background foto kalian.

Foto by Erik Andriana

Bendungan Sampean Baru nyatanya telah ada sejak tahun 1979 dan pengerjaannya selesai pada tahun 1983. Meski sudah ada sejak lama, Bendungan Sampean Baru naik pamor karena banyak pengunjung yang mengunggah foto keindahan panoramanya di media sosial.

Konstruksi beton yang tertata rapi, serta dikelilingi oleh pemandangan alam di sekitarnya yang tak kalah memanjakan mata setiap pengunjung, membuat lokasi ini jadi primadona baru bagi para penggemar landscape fotografi atau yang hanya sekedar selfie.

Oh iya, Bendungan Sampean Baru sejatinya memiliki fungsi mengaliri lahan seluas 9.800 hektar. Bangunan ini sendiri berdiri kokoh dengan tinggi 26 meter, panjang 670 meter dan lebar 4 meter.

Untuk sampai ke lokasi, jika dari kota Bondowoso butuh waktu sekitar 45 menit untuk menuju lokasi Bendungan Sampean Baru. Akses jalan menuju lokasi ini sudah cukup bagus atau kalian cukup menempuh waktu sekitar 20 menit jika melewati jalan raya dari arah ke Situbondo.

Referensi by : http://phinemo.com; http://citizen6.liputan6.com; http://travel.kompas.com

About febeshinta

Foto Profil dari febeshinta
Instagram : @febe_shinta

Check Also

Seribu Rumah Gadang – Sumatera Barat

Jika Anda ingin menikmati suasana perkampungan tradisional Minangkabau tempo dulu yang masih asli datanglah ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *