Home / Editor Picks / Bali diantara Pariwisata, Budaya dan Akulturasi

Bali diantara Pariwisata, Budaya dan Akulturasi

pura bali
sumber : sugestion-keyword

Siapa yang tak kenal dengan Bali, tak hanya masyarakat Indonesia, masyarakat duniapun banyak yang mungkin kenal dengan Bali. Ya, kita sebagai orang Indonesia seharusnya bangga memiliki Bali, karena Bali mungkin suatu daerah yang lengkap dari segi apapun. Tentang pesona Alam nya yang sangat menakjubkan, tentang budaya serta tradisi yang mengakar kuat atau tentang masyarakat Bali yang ramah dan religius. Begitulah sedikit gambaran tentang Bali, dengan segala pesona yang dihadirkan didalamnya.

pura tanah lot bali

Dalam pariwisata, Bali selalu menjadi unggulan dalam promosi kepariwisataan dunia. Tak heran banyak masayarakat dunia, bahkan sampai artis artis terkenal mancanegara menyisihkan waktu berlibur ke Bali dan merasakan atmosfernya. Dengan keindahan pesonanya, banyak dari wisatawan mancanegara terkadang menyebut Bali sebagai sebuah negara, dan bukan bagian dari Provinsi Indonesia.  Bali sendiri selain memiliki pemandangan Alam yang sangat Indah, terkenal dengan adat budayanya yang sangat berciri khas. Siapapun yang berkunjung ke Bali akan sangat mudah menemukan Pura, pura merupakan tempat ibadah umat Hindu , agama mayoritas dari masyarakat Bali.

budaya bali
sumber : travelesia

Saat ke bali kita akan sering melihat masyarakat Bali memakai Ikat kepala khas Bali, udeng atau melihat berbagai persembahan sesajen didepan rumah, toko atau disudut jalan. Sebuah pemandangan yang menarik ketika semua hal ini diringi toleransi dengan semua kalangan tak terkecuali, sehingga tercipta kedamaian dalam berkehidupan. Bali, dengan berbagai potensinya, selalu akan hadir mengundang wisatawan mancanegara yang pastinya berperan penting dalam kemajuan Bali sendiri.

wisata bali
sumber : budayaanadat

Kehadiran masayarakat mancanegara, tentunya mereka memiliki budaya dan tata karma yang berbeda . Budaya Asing yang pastinya akan jauh berbeda dengan budaya ketimuran yang dimiliki Indonesia. Kita pun semua harus bersikap bijak jika suatu saat akan terjadi Akulturasi Budaya. Pemasukan unsur unsur baru dalam kegiatan adat budaya dalam harus disikapi dengan arif , khususnya untuk Budaya masyarakat Bali. Biarlah pariwisata berjalan dengan porsinya, Adat dan budaya tetap berjalan sesuai tradisi, dan Akulturasi tetap dalam jalur Toleransi, bukan merubah atau memasuki.

About Fahmi Ardiansyah

Check Also

Mengejar Pesona Ulu Kasok ala Raja Ampat di Kampar

Hallow para instagrammable! Baru baru ini ada destinasi yang sedang booming di media sosial terutama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *