Home / Liputan Trip / Backpacker Jakarta Eksplore Flores Part 3 – Bagian 3

Backpacker Jakarta Eksplore Flores Part 3 – Bagian 3

Baca Liputan Sebelumnya : https://backpackerjakarta.com/backpacker-jakarta-eksplore-flores-part-3-bagian-2/

9. WAEREBO

Desa waerebo

Perjalanan Labuan Bajo – Dintor (Pelabuhan dekat waerebo) cukup jauh sekali, terlebih kendaraan yang kami tumpangi sangat berjalan lambat entah itu karena kondisi mobilnya atau emang faktor jalanan yang harus dilalui. Jiak diamati memang sekitar 5 jam perjalanan cukup baik yakni jalanan umum yang menghubungkan beberapa kota di flores namun 3 jam terakhir jalanan semakin mengecil menyusuri perbukitan dan lembah2 yang cukup terjal.

Didesa denge mayoritas beragama Katolik

Akhirnya tepat pukul 16.00 sore kami tiba di Denge yakni desa terakhir sebelum melakukan perjalanan ke kampung Waerebo. Setelah bersiap2 dan memilih barang yang akan kami bawa sampailah pada ujung terakhir jalan atau jembatan dimana batas itulah mobil bisa lewat. Setelah menegosiasi alot dengan para guide dan juga ojeker yang akan mengantar ke pos pertama akhirnya kita sepakat menyewa 1 guide seharga 300.000 selama 1 malam.

Guide bapak Martinus

Untuk ojek sendiri dari jembatan menuju pos pertama dikenakan biaya Rp 15.000 ya lumayan jika jalan sekitar 20 menitan dan memang cukup jauh turun naik. Hari semakin sore dan kami harus segera bergegas masuk kedalam hutan agar bis asmapi diwaerebo tepat waktu. Guide kami bernama bapak Martius dan beliau sudah sering nmenjadi guide disana. Beruntung temen2 BPJ yang ikut bis amenyusaikan kondisi penggunungan dan hutan belantara yang kami lalui dengan cepat.

Foto didepan pos pertama
pos pertama

Umumnya perjalanan normal dari pos pertama menuju desa wairebo ditempuh selama 3 jam perjalanan namun kita bisa menempuhnya lebih singkat yakni 1,5 jam saja. Benar beruntung kita karena sampai diwaerebo tepat pukul 18.45 yang artinya kita sampai tepat waktu dan kita adalah rombongan terkahir yang datang pada hari itu.

Upacara singkat openyambutan oleh tetua

Setelah lapor kepada warga yang bertugas kita kemudian menghadap salah satu tetua untuk melakukan penyambutan atau pendoaan kepada semua tamu yang datang. Kita dibawa kerumah tetua dan disana bisakit alihat bagaimana suasana rumah dan keadaan penghuninya cukup unik memang berisi banyak kepala keluarga dan dapurnya ada ditengah-tengah ruangan.

makan malam dulu

Setelah diberi doa oleh tetua kami kemudian menuju penginapan yang telah disipakan. Sekedar info jika kita bermalam didesa ini baiayanya sangat mahal yakni Rp 325.000 / orang dengan 2 kali makan dan jika hanya berkunjung tanpa menginap dikenakan biaya Rp 250.000 dan sekali makan saja.

waerebo – Sangat nyaman sejuk dan damai
Foto bareng adek adek waerebo

Menjadikan desa waerebo sebagai desa paling mahal bagi wisatawan di Indonesia atau bahakan dunia. Kami digabung dengan tamu lainya karena isi 1 rumah tersebut bis amenampung 50 orang lebih. Setelah menunggu cukup lama makan malam akhirnya tiba. Cuaca saat itu sangat dinging beruntung kita diberi teh dan kopi sebagai teman penghangat. Oh ya kalian gak perlu khawatir soal toilet karena dikampung ini sudah disediakan toilet yang cukup bersih dan banyak.

Pagi hari tiba dan sebagain anak BPJ sudah asik berfoto diluar dengan pemandangan desa waerebo. Untuk lebih detail mengenai Waerebo kamu bisa baca artikel di website ini. Kampung ini memang unik terlihat dari bentuk bangunanya dan masyarakatnya.

Foto bersama peserta trip
Foto Putu & Sarah

Sekitar pukul 07.00 setelah puas berfoto kami menikmati sarapan yang sudah dibuat. Demi melanjutkan perjalanan menuju Ende kita akhirnya pamitan pulang. Pemandangan dan alam yang kita tempuh selama pulang kembali kepos 1 memang indah.

Pos Kedua

Sekitar 1.5 jam kita sudah sampai dipos pertama. Setelah semuanya turun kembali jembatan tempat dimana mobil kita sudah menunggu kita kemudian bergegeas untuk malnjutkan perjalanan menuju Kelimutu Ende.

10. SAWAH SPIDER – RUTENG

Perjalanan yang kami tempuh amatlah jauh, lebih dari 6 jam lamanya kami melewati berbagai kawasan perbukitan dan pinggir pantai hingga akhirnya salah satu mobil yang kami tumpangi mogok kembali. Mobil pertama yang masih belum bermasalah akhirnya membawa rombongan pertama menuju wisata sawah spider dan setelah itu akan menyusul kembali rombongan berikutnya.

Sawah Spider Ruteng

Sawah spider sendiri terletak di Ruteng. Sawah ini sangatlah unik mengingat bentuknya tidak seperti sawah umumnya. Jika dibali atau tempat lainya identik dengan Terasiringnya nah disawar spider ini bentuknya mirip dengan jaring laba2. Cukup mahal untuk tiket masuknya yakni Rp 15.000 yah tidak terlalu sebanding dengan pemandanganya yang hanya berupa sawah saja. Sekitar 3 jam lamanya menunggu akhirnya mobil penggantipun datang. Pukul 17.00 kami melanjutkan perjlanan kembali menuju Ende.

11. KELIMUTU ENDE

Lamanya perjalanan yang kami tempuh dari Ruteng hingga Ende kurang lebih 6 jam perjalanan. Kami menyempatkan diri untuk mengisi perut saat makan malam disalah satu restoran dipinggir jalan. Subuh pukul 05.00 akhirnya kami tiba dikota Ende. Temen2 melaksanakan ibadah sholat subuh terlebih dahulu lalu kemudian kita melanjutkan perjlanan menuju Moni kawasan desa wisata tempat dimana Kelimutu berada.

kelimutu

Alamakk perjalanan belum berakhir sampai disana karena kita membutuhkan waktu 3 jam lamanya untuk sampai tiba di Kelimutu. Jangan khawatir, pemandangan sepanjang jalan sangat menakjubkan berupa lembah-lembah dan perbukitan yang menawan. Pukul 07.30 sampailah kita di Danau Kelimutu salah satu danau yang amat tersohor dis eluruh Indonesia. Harga tiketnya sendiri untuk domestik Rp 5000 – 7500 dan untuk mancanegara Rp 150.000 hampir 10 kali lipat lebih mahal.

Danau 3 Warna kelimutu

Setelah memarkirkan kendaraan kami langsung menuju puncak kelimutu. Well ternyata jarakny acukup jauh dari tempat parkiran mobil. Butuh sekitar 30 menit kita akhirnya sampai di Danau Yang pertama. Untuk detailnya soal kelimutu kamu bisa searching diwebsite ini. Banyak kera berkeliaran disini jadi pastikan barang kamu terjaga. Oh ya satu lagi hati-hati dengan bibir kawah karena bisa saja terjadi longsoran jadi kamu harus tetap dijalur aman ya. Fasilita sumum didanau kelimutu sudah lengkap dan cukup jadi kamu gak perlu khawatir kehabisan air karena sampai puncak kelimutupun abanyak yang berjualan dari minuman makanan sampai souvenir.

Danau kelimutu

Kelimutu is amazing guys, ada 3 warna danau yang berbeda-beda membuat pemandagan terlihat unik terlebih pemandangan sekitar berupa hutan dan awan menambah decak kagum semua yang menyaksikanya. Puas menikmati Kelimutu kami melanjutkan perjalanan kembali pulang ke Kota Ende. Tepat pukul 12.00 kami sampai dirumah makan dikota ende dekat bandara sembari mengisi perut yang kosong juga mengantar dian yang kebetulan pulang lebih awal.

tenun khas maumere
pantai koka maumere

Petualangan berakhir disini untuk trip eksplore flores backpacker jakarta part 3. Namun banyak temen-temen yang masih ingin emenikmati liburan dengan menambah hari extend di Flores. Rombongan pertama yakni Putut, andreas, emye, vera, shanti menuju Maumere dan melakukan penerbangan menuju Bali dari kota maumere. Rombongan kedua yakni Bu Fadlun, lia, juwita, rahit & reno menuju Kampung Bena Bajawa dan menginap disana. Sementara sisanya Sarah, firuz, ali Widya bertahan dikota ende sembari menunggu penerbangan pagi harinya. Nah guys demikian sekilas cerita perjalanan kita selama 6 hari lebih bersama dilaut dan darat. See you next trip guys…muchhh

LIST PESERTA TRIP FLORES 3

1. Ratu Sarah BPJ #11

8 hari explore Flores bareng BPJ merupakan salah satu trip saya yg paling seru, menantang dan ga ngebosenin! Di sana banyak banget pelajarannya dari rasa bersyukur kalo Indonesia itu emang luar biasa kerennya dan lebih mengenal kebudayaan dan kearifan lokal di sana, gw yg biasanya ga pernah trekking pernah ke Ijen doang sekali sih tapi di trip ini di tuntut buat trekking tiap hari dan banyak! Dan semua itu bisa dilalui tentunya dgn motivasi dan semangat serta bantuan yang diberikan dari temen2 trip Flores BPJ ini!.

Sumpah kita baru kali ini ketemu tapi udah klop banget kayak keluarga, susah seneng bareng2, selalu seru, ada aja yg bikin ketawa dan bikin trip ini jadi ga berasa capeknya! Dan Kita beruntung bgt bisa liat komodo berantem di depan mata dan puluhan rombongan Manta yang menari2 di laut Flores! What a great trip! Bakalan kangen mandi di kapal, ikan bumbu asam, tongkat sakti dan sambel waerebo and of course i’ll be missing you guys!

2. Fadlun BPJ #12

Kesan : Perjalanan Trip terpanjang selama ikut BPJ, dan asli seru pokoknya. Lengkap banget tripnya udara, darat , laut semua ada. Peserta tripnya juga beraneka warna kaya pelangi. Setiap perjalanan akan punya cerita dan kenangan terindah pastinya. Spesial terimakasih buat omed sang CP yang keren pokoknya.

Pesan : Bisa kali Trip NTT selanjutnya ke sumba

3. Andreas

Kesannya,trip flores merupakan trip terpanjang sampai saat ini,trip bpj yg termahal sy pergi😂
Mahal tp sesuai dgn keindahan dan kebahagiaan yg didapat…trip flores membuat makin cinta sama Indonesia😍

 

About Mr Edoy -

Foto Profil dari Mr Edoy -
Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Rumah limas potong, Rumah Adat kepulauan Riau

Kepulauan riau yang memiliki banyak pulau-pulau tentu saja memiliki banyak budaya yang beragam disetiap pulaunya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *