Home / Kuliner / Ayam Betutu Khas Pulau Dewata

Ayam Betutu Khas Pulau Dewata

Betutu merupakan lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh dan berisi bumbu, kemudian di panggang dalam api bekam. Betutu ini di kenal di seluruh kabupaten Bali. Produsen Betutu yang terkenal berada di desa Melinggih, Payangan kabupaten Gianjar. Makanan ini di hidangkan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan yang di jual. Makanan betutu ini jenis makanan yang tidak bisa bertahan lama. Artinya tidak bisa untuk di makan esok hari karena akan basi.

resepdanmasakan.com

Ayam betutu memiliki rasa yang sangat enak dan lezat dengan citarasa yang cukup pedas. Hal ini di karenakan ayam nya sendiri di masak seperti makanan khas bali pada umumnya yaitu menggunakan bumbu cabai yang cukup banyak lalu di masak berbarengan dengan ayam sehingga bumbunya meresap sampai ke dalam.

resepnasional.com

Nah, buat kalian yang ingin tau bagaimana sih cara membuat makanan khas bali yang satu ini? Berikut ini ada tips tipsnya.

Bahan Ayam Betutu :

Ayam kampung utuh 1 ekor, serai 2 batang (ambil bagian putihnya lalu memarkan), daun salam 2 lembar, daun pisang secukupnya (untuk membungkus), aluminium foil.

Bumbu Yang di Haluskan :

Minyak goreng 80 ml (untuk menumis), cabai merah 15 buah (di buang bijinya), jahe 4 cm, kunyit 4 cm di bakar, lengkuas 4 cm, serai 2 batang (ambil bagian putihnya), bawang merah 100 gram, bawang putih 6 siung, 1 sendok teh ketumbar bubuk, kemiri 4 butir (di goreng atau di sangrai), daun jeruk purut 4 lembar, setengah sendok teh merica hitam, 2 sendok teh garam.

Cara Membuat :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum dan matang lalu angkat. Lumuri ayam dengan bumbu hingga merata, diamkan semalam agar bumbu meresap. Tambahkan serai dan daun salam, bungkus dengan daun pisang, lalu bungkus kembali dengan aluminium foil. Kukus ayam ke dalam dandang panas selama 2 jam lalu angkat.  terakhir, panggang ayam dalam oven bersuhu 185’C selama 20 menit sampai matang dan angkat. Ayam betutu siap untuk di hidangkan.

resephariini.com

Ada baiknya bahan utama membuat Betutu yang memakai bahan utama ayam lebih enak memakai ayam kampung. Ayam betutu sangat cocok di hidangkan dengan nasi hangat di tambah sambal matah dan juga lalapan. Rasanya sangat maknyus..

About Hary Ahmad

Check Also

Mencari Soto Ayam Kampung Asli? Ke Warung Niki Echo Aja!

  Kamu penikmat soto atau pemburu kuliner? Kalau iya, artinya kamu wajib banget nih icip …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *