Home / Blog / Air Terjun / Air Terjun Sri Gethuk – Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk – Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk adalah sebuah keindahan alam yang sungguh sayang jika dilewatkan, terutama ketika kalian sedang berlibur ke Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dan berada di tepi Sungai Oya.

Untuk sampai ke lokasi ini, jika dari pusat kota Jogja ke Pasar Playen dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam – 2 jam perjalanan. Dan jika kalian sudah tiba di sekitaran Pasar Playen kalian akan melihat petunjuk arah untuk ke lokasi parkiran dan pembelian tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk. Oh iya, tiket masuk nya sendiri sangat terjangkau lhoh, cuman Rp 5.000,- / orang.

Sumber : panoramio

Sumber : panoramio

Nah untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk dari loket pembelian tiket terdapat 2 cara yakni :

  1. Berjalan kaki melewati pematang sawah dan beberapa sungai kecil sejauh kurang lebih 450 meter. Dilanjutkan dengan menaiki dan turun melewati kurang lebih 96 anak tangga yang sebagian sudah di semen tetapi masih ada yang berbentuk bebatuan dan tanah . Setelah melewati itu semua, maka tibalah kalian di Air Terjun Sri Gethuk.
  2. Ini sangat cocok buat kalian yang males jalan. Kenapa ? karena kalian bisa menyewa perahu rakit yang ongkosnya Rp 10.000,- /orang. Walaupun menaiki perahu, kalian masih tetap bisa melihat keindahan pemandangan nya juga kok. Karena untuk sampai kesana, perahu ini melewati Sungai Oyo yang memiliki keindahan tebing batu dan air terjun kecil nya.

Sumber : jogjasemberani

Perahu Rakit , Sumber : jogjasemberani

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter dan memiliki tiga sumber mata air yang mengalir menjadi satu yaitu Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul. Nah unik nya air terjun ini tetap mengalir tanpa henti walaupun sedang dilanda musim kemarau panjang sekalipun.

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

Keseruan Kopdar Camcer All Klub Backpacker Jakarta

Tanggal 06 agustus 2017 diadakan kopdar camcer all klub backpacker jakarta yang diadakan di Buper …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *