Home / Blog / Air Terjun / Air Terjun Mayung Putek dan Khasiatnya Buat kesehatan Kulit

Air Terjun Mayung Putek dan Khasiatnya Buat kesehatan Kulit

Jika kita ke Air terjun tentu kita pasti di suguhi dengan airnya yang segar dan jernih, namun air terjun yang satu ini terbilang berbeda dan unik dengan air terjun pada umumnya. Air terjun ini bernama Air Terjun Mayung Putek yang terletak di Desa Bilok Petung Kecamatan Sembaluo Kabupaten Lombok Timur. Kenapa di bilang unik dan berbeda dengan air terjun kebanyakan, karena merupakan satu satunya air terjun yang memiliki kandungan belerang di dalam airnya.

Cloverwisata.blogspot.com
Cloverwisata.blogspot.com

Di beri nama Mayung Putek karena usut punya usut Air Terjun ini berwarna putih di karenakan berasal dari kandungan belerang yang terkandung di airnya.Nama dari Air Terjun ini berasal dari bahasa Suku Sasak yang berarti rusa putih.Konon katanya menurut warga setempat air terjun ini sering di kunjungi se ekor rusa putih yang datang untuk minum atau mandi.Air terjun ini memiliki tinggi 60 meter. Disini masih minim fasilitas seperti warung, toilet dan Mushollah. Selain memiliki pemandangan yang indah air terjun ini juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan terutama untuk kulit,karena kandungan belerang yang terkandung di airnya di percaya dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit kulit.

Jalantraveller.blogspot.com
Jalantraveller.blogspot.com

Kabarnya Air terjun ini sudah tidak berbentuk seperti Air terjun lagi, hanya seperti air selokan yang jatuh dari tempat tinggi karena airnya di manfaatkan untuk pembangkit listrik.Otomatis hal ini mengurangi debit air yang jatuh dari atas sehingga membuat sungai yang ada di bawahnya agak kering. Sangat di sayangkan memang, namun benar apa tidaknya lokasi air terjun ini masih di buka untuk umum kok guys. Buat kalian yang ingin berkunjung kesana berikut ini penjelasan singkat mengenai perjalanannya  :

Trek pertama dari Mataram-Narmada-Mantang-Kopang-Terara-Sikur-Aikmel-Suwela-Sapit-Lemor-Sembalun-Bumbung-Sembalun Lawang-Bira.

Trek kedua dari Mataram-Dusuk(sepanjang pantai senggigi)-Pemenang-Tanjung-Gadang-Selengan-Batu Gembung-Desa Senaru-Dasan Grisak-Desa Sambeh elen-Bira

Ceritakudo.blogspot.com
Ceritakudo.blogspot.com

Itu dia trek yang harus kita lewati guys, lumayan jauh dan terjal tapi semua bakal terbayarkan dengan pesona keindahan air terjun ini. Buat kalian yang mau mencoba mandi belerang tapi di air terjun bukan di kolam,di sini nih tempatnya harus di coba

Wisatalombokaja.blogspot.com
Wisatalombokaja.blogspot.com

About Hary Ahmad

Check Also

Explore Malang Part 5 Bersama Backpacker Jakarta

Bertandang ke Kota Malang, tentu saja kamu tidak boleh melewatkan keindahan pantai, gunung dan curug …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *