Home / Blog / Air Terjun / Air Terjun Madakaripura, Antara Mitos & Pesona Keindahannya

Air Terjun Madakaripura, Antara Mitos & Pesona Keindahannya

Pasti teman-teman sudah pernah ke Bromo bukan..?? Selain menyuguhkan pemandangan Gunung Batok, Pasir Berbisik, Bukit Teletubbis dan juga Kawah Bromo yang terkenal, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga memiliki wisata air terjun yang sangat cantik. Letaknya masih berdekatan dengan Gunung Bromo. Namanya air terjun Madakaripura. Air terjun Madakaripura terletak di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Probolinggo.

_20160806_111104

Air Terjun Madakaripura berbentuk seperti cekungan di pusat air terjun utamanya dengan ketinggian sekitar 200 meter. Air Terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Untuk masuk ke lokasi ini dari tempat parkir kita akan melewati jalan yang sudah dicor dengan lama perjalanan sekitar kurang lebih 45 menit. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan bukit dan tebing yang hijau. Udara pegunungan yang sejuk dan di samping jalan juga terdapat warung penduduk untuk membeli makan atau minuman. Sepanjang jalan ini juga terdapat sungai dengan batu batu yang besar dengan air yang jernih. Aliran sungai ini berasal dari air terjun utama.

_20160806_110930
Sesampainya di lokasi air terjun Madakaripura kita akan disambut dengan percikan air dari air terjun yang mengalir dari atas bukit yang hijau dan berlumut. Sungguh mempesona dengan bebatuan hitam di sepanjang jalannya. Masuk ke air terjun utamanya kita akan di buat takjub dengan tingginya curahan air terjun dengan tebingnya yang membentuk cekungan.di bawah air terjun utama terdapat goa yang dulu konon di gunakan Mahapatih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit untuk bertapa. Percikan air yang dingin dan segar membuat kita lebih fresh dan kadang menggigil kedinginan.

FB_IMG_1470457162422
Siap saja untuk basah jika ke sini. Namun memang tidak puas rasanya jika ke air terjun tapi tidak main basah-basahan. Selesai berbasah-basah dan kedinginan, kita bisa menghangatkan badan dengan menyantap mie rebus, gorengan atau minuman hangat lainnya.

_20160806_110950

Di Madakaripura juga banyak yang menjual jas hujan dan juga pelindung anti air buat handphone jika tak ingin berbasah-basahan. Fasilitas seperti MCK dan Mushola juga tersedia. Nah, buat teman-teman yang selesei hiking dari Gunung Bromo wajib bisa mampir untuk menyegarkan badan dan mandi di kucuran air terjun Madakaripura. Karena konon katanya yang datang di pagi hari dan mandi di air terjun ini bisa awet muda. Benar atau tidaknya itu cuma kepercayaan orang-orang setempat saja.

 

Editor : Dimas

About Hary Ahmad

Check Also

Air Terjun Coban Rondo, East Java

Wisata Air terjun Coban Rondo Malang ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *