Home / Editor Picks / 9 Hal Asyik yang Bisa Dilakukan di Gunung Papandayan

9 Hal Asyik yang Bisa Dilakukan di Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah salah satu gunung yang makin banyak dikunjungi wisatawan. Selain karena pemandangannya indah, trek gunung ini terbilang cukup mudah untuk dilalui siapa saja. Tak heran banyak sekali hal seru yang bisa dilakukan di gunung api strato yang berada di kecamatan Cisurupan, Garut, Jawa Barat ini. Apa saja, sih? Yuk kita cek!

1. Mendaki Santai

gunung papandayan

“Trek Papandayan yang bersahabat”

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang bersahabat bagi semua wisatawan, karena gunung ini mempunyai jalur pendakian yang cukup mudah. Cocok sekali bagi kalian yang hanya ini mendaki santai.

2. Menyaksikan Letupan Kawah Papandayan

gunung papandayan 2

“Berfoto di depan asap kawah Papandayan”

Pemandangan yang seru di Gunung Papandayan salah satunya adalah kawahnya yang masih aktif mengepulkan asap belerang setiap waktu. Tapi pastikan kalian tidak lupa menggunakan masker atau buff ya agar aman dari belerang yang terkadang aromanya menusuk hidung.

3. Menonton Atraksi Motor Trail

gunung papandayan 3

“Motor trail ikut nanjak bareng para pendaki (pic: rubbyarlian.tumblr.com)”

Saking landainya gunung ini, motor pun bisa ikutan masuk lho! Tak heran, kalian bakal menjumpai sekawanan penggendara motor trail yang beratraksi di sekitar jalur awal pendakian.

4. Kemping Ceria

gunung papandayan 4

“Masak-masak asyik di Kemping Ceria”

Camp ground yang luas, sumber air yang melimpah, trek yang terbilang mudah, itu adalah beberapa hal yang menjadikan Gunung Papandayan sebagai salah satu destinasi favorit untuk berkemping ceria bersama kawan atau keluarga.

5. Icip Jajanan Sambil Mendaki

gunung papandayan 5

“Melipir istirahat dulu, jajan semangka dan gorengan hehehe~”

Tidak ada waktu untuk menyiapkan logistik? Malas untuk memasak di gunung? Jangan khawatir. Di sini kita tidak akan pernah kelaparan! :D Karena banyak warung-warung di sepanjang trek pendakian sampai ke Camp ground Pondok Saladah yang menjajakan makanan dari pagi sampai malam. Nasi goreng, bakso, cilok, gorengan, sampai semangka segar tersedia di sini. ?

6. Berfoto Kece di Hutan Mati

gunung papandayan 6
“Foto seru-seruan sampai foto ala-ala Prewed di Hutan Mati”

Hutan mati merupakan salah satu daya tarik dari Gunung Papandayan. Pemandangan yang eksotis dan terkesan dramatis membuat para wisatawan tak bosan ‘berburu’ foto kecenya.

7. Menikmati Padang Edelweiss di Tegal Alun

gunung papandayan 7

“Seruput dulu teh angetnya, Kakak~”

Hamparan edelweiss di Tegal Alun disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik Indonesia. Cantiknya bunga edelweiss pas sekali untuk menemani kalian yang ingin menunggu matahari terbit sambil menyeruput kopi atau teh hangat. :)

8. Jalan-jalan Santai ke Danau

gunung papandayan 8
 

“What a beautiful reflection!”

Sesampainya di Tegal Alun yang lupa mengunjungi danau yang ada di sini. Berjalan sedikit , kalian akan menemukan danau kecil yang terbentuk dari air hujan yang menggenang. Salah satu spot bagus juga untuk berfoto! :)

9. Summit Attack ke Puncak Papandayan

gunung papandayan 9

“Member BPJ #4 yang semangat nanjak terusss!”

Naik gunung tidak komplit rasanya kalau tidak sampai ke puncaknya. Di atas puncak Papandayan kita bisa melihat pemandangan gunung di sekitarnya, seperti Gunung Guntur. Dan juga pesona puncak Gunung Cikuray yang mengerucut dari kejauhan.

Yuk mari piknik asyik!

Foto-foto ? — Tim Dokumentasi BPJ #4 Kemcer Mix (BPJ #4, BPJ #14, BPJ #17) Gn. Papandayan, Jawa Barat.

About Hilal Guswati

Foto Profil dari Hilal Guswati
Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Check Also

Serunya Bermain Ayunan Langit Watu Jaran, Kulonprogo Yogyakarta

Suntuk dengan arena berfoto-foto yang itu-itu aja ?!! Kali ini, Kota yang bergelar “Kota Gudeg” …

One comment

  1. What’s up it’s me, I am also visiting this web site
    regularly, this web page is actually good and the visitors are
    genuinely sharing fastidious thoughts.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *