Home / Blog / Alam & Taman / 7 Wisata Alam yang Memukau di Boyolali

7 Wisata Alam yang Memukau di Boyolali

Walaupun Kabupaten Boyolali belum menjadi kota tujuan utama pariwisata di Jawa Tengah, namun potensi alamnya sangat mempesona. Ada banyak tempat wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan. Sebelum tempat-tempat wisata ini menjadi terlalu mainstream, kita jelajahi duluan, yuk!

 

1. Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Gunung Merbabu memang menjadi daya tarik tersendiri untuk para pendaki. Kita bisa memulai pendakian dari basecamp Selo, Boyolali. Selain pemandangannya sangat indah, jalur ini terbilang ramah untuk pendaki pemula. Simak cerita lengkapnya di https://backpackerjakarta.com/pendakian-merbabu-via-selo/

merbabu 2

2. Kedung Goro

Wisata air Kedung Goro terletak di Desa Bolo, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali. Butuh sekitar tiga jam jika berangkat dari Kota Solo menuju ke lokasi. Tetapi perjalanan panjang itu akan terbayar begitu melihat tebing-tebing megah yang menancap di air jernih kehijauan dikelilingi pohon rindang. Di tempat itu pengunjung bisa berarum jeram hingga atau berpose untuk foto pre wedding.

Kedung Goro (foto : youtube.com)

3. Bukit Gancik

Berada di dataran tinggi Dusun Selo, Bukit Gancik menawarkan hawa sejuk serta pemandangan eksotis hamparan hijau dengan latar belakang gunung Merapi dan Merbabu. Jika cuaca bersahabat, keindahan matahari terbit dari balik gunung Lawu  bisa terlihat dari gardu pandang setinggi sembilan meter. Untuk menuju ke Bukit Gancik dari jalur Solo-Selo-Borobudur (Sosebo), pengunjung bisa mengambil rute lewat kampung Selo Tengah dan Selo Nduwur dengan trek yang cukup memacu adrenalin.

Bukit Gancik Selo (foto : qustihasta.wordpress.com)

4. Waduk Cengklik

Tidak jauh dari bandara adi Sumarmo, terdapat sebuah waduk yang instagramable loo. Cukup menempuh perjalanan sekitar lima menit saja dengan berkendara, kita bisa sampai di waduk bernama Cengklik ini. Tepatnya waduk ini terletak di Desa Cengklik, Kecamatan Ngemplak, Boyolali – Jawa Tengah. Saat matahari terbenam, suasana di waduk ini akan lebih romantis. langit yang jingga akan berpadu dengan kegiatan para nelayan tambak yang mengayuh perahu. Kita juga dapat menikmati kuliner khas di waduk ini, yaitu pecel ikan wader.

Cerita lengkap waduk cengklik di link berikuthttps://backpackerjakarta.com/mengejar-senja-di-waduk-cengklik-boyolali/

5. Waduk Bade

Waduk yang terletak di kecamatan Klego kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, ini dapat ditempuh dengan satu jam perjalanan dari Kota Solo. Selama perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan asri dari pegunungan. Jangan lupa untuk menjadi pejalan yang bijak. Selalu menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan. Simak kisahnya di https://backpackerjakarta.com/asyiknya-memancing-ikan-di-waduk-bade-boyolali/

6. Jumbleng Biru

Destinasi wisata yang terletak di Dukuh Kemuning, Desa Mudal, Kecamatan Boyolali Kota ini menawarkan pemandangan air terjun bening dan alam yang asri. Selain berfoto, di lokasi wisata yang masih tergolong baru itu pengunjung juga bisa berenang di kolam alami seluas 50 meter persegi tepat di bawah air terjun. Wow!

Jumbleng Biru Boyolali (foto : Eksapedia)

7. Umbul Leses

Umbul Leses terletak di RT 012/RW 003 Dukuh Soko, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali. Diberi nama demikian lantaran umbul atau kolam mata air yang terletak di tepi jalan raya Sawit-Pengging, Boyolali ini dikelilingi pepohonan leses berusia puluhan tahun dan berukuran besar. Pemandangan memanjakan mata bukan hanya di permukaan, namun juga hingga ke dasar kolam berkat akar-akar pohon yang eksotis.

umbul leses boyolali
Umbul Leses Boyolali (foto : @sudikama)

 

Wah, ternyata Boyolali punya banyak tempat wisata ya! Ada beberapa tempat lagi selain dari 7 tempat ini yang perlu kamu kunjungi juga. Jangan lupa mampir ke Boyolali ya!

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @nirmalamedia - IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Check Also

Keasrian Air Terjun Wera, Donggala

Di Indonesia bagian Timur, cukup banyak tempat wisata yang belum kita ketahui, kali ini kami …

3 comments

  1. makanan di boyolali juga murah2 lho.. nasi bungkus di terminal boyolali cuma 2500an hahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *