Home / Blog / Air Terjun / Indahnya 7 Tempat Wisata di Temanggung

Indahnya 7 Tempat Wisata di Temanggung

1. Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing memiliki pemandangan yang indah. Dari kedua puncak gunung tadikita dapat melihat puncak gunung lain seperti Gunung Prau, Gunung Ungaran, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran dll. Untuk mendaki Gunung Sindoro dapat dilakukan dengan mengambil jalur Kledung. Sedangkan untuk mendaki Gunung Sumbing dapat dimulai dari Base Camp Cepit yang terletak di desa Pager Gunung, kec. Bulu, wilayah Temanggung, Jawa Tengah.

Gunung Sindoro adalah salah satu gunung yang berada pada ketinggian sekitar 3.150 meter di atas permukaan laut (mdp). Gunung yang terletak di kabupaten Wonosobo (Barat) dan kabupaten Temanggung (Timur) di Jawa tengah ini merupakan sebuah gunung volkano aktif . Gunung Sindoro sendiri terkenal bagi para pendaki karena lokasinya berhadapan dengan gunung lainya yakni gunung Sumbing. Sama halnya dengan Merapi – Merbabu yang juga berhadapan langsung. Cerita lengkapnya di http://backpackerjakarta.com/gunung-sindoro-jawa-tengah/

Pemandangan dari puncak sindoro ( foto husfasalwa.blogspot )

Gunung Sumbing juga dapat dinikmati melalui tulisan berikut ini http://backpackerjakarta.com/pemandangan-di-puncak-gunung-sumbing/

 

2. Dataran Tinggi Posong

Jika Dieng di Wonosobo memiliki wisata Bukit Sikunir, Magelang memiliki Gunung Andong, maka Temanggung memiliki tujuan wisata menarik yaitu Posong. Posong merupakan kawasan wisata baru di Kabupaten Temanggung, letaknya di kaki Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Suguhan wisata alam pegunungan via @ryos_youngkrex via www.instagram.com

Tempat wisata Posong di Temanggung merupakan daerah dengan ketinggian 2000 mdpl dimana dari tempat ini kita dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa. Keindahan pemandangan di Posong ini bahkan ada yang menyamakannnya dengan keindahan alam di Dieng Plateau Wonosobo. Dari Dataran Tinggi Posong ini kita dapat melihat sunrise yang menawan serta pemandangan 7 puncak gunung di sekitar Temanggung yaitu Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan juga Gunung Muria. Jika berminat bisa meyewa homestay yang terdapat di Dataran Tinggi Posong.

 

3. Kledung Pass

Kledung merupakan nama Kecamatan yang terletak diantara Gunung Sindoro dan Sumbing. Di Kecamatan ini terdapat jalur yang menghubungkan Kabupaten Temanggung dengan Kabupaten Wonosobo. Di jalur ini terdapat tempat yang sangat menarik yaitu Kledung Pass dimana di tempat ini terdapat tempat terbuka dengan background pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Di sekitar Kledung pass terdapat pemandangan hijau dari pepohonan dan juga tanaman yang dibudidayakan oleh masyarakat sekitar, misalnya tembakau, dan aneka macam sayuran.

 

4. Embung Kledung

Embung merupakan sebuah danau buatan yang bentuknya tidak terlalu besar. Embung biasanya digunakan untuk menampung air hujan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tujuan irigasi. Embung di Kledung sebenarnya hampir sama dengan embung dari daerah lain, namun pada saat cuaca cerah kamu dapat melihat embung dengan latar belakan Gunung Sindoro yang indah. Oleh karena itu banyak warga yang menyempatkan untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam di obyek wisata Embung Kledung ini.

Hasil gambar untuk embung kledung temanggung
embung kledung (foto :http://www.suarasikap.com)

5. Hutan Pinus dan Umbul Jumprit

Destinasi wisata di Temanggung lainnya adalah Umbul Jumprit. Umbul Jumprit merupakan wisata alam di Kabupaten Temanggung yang semakin lama semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Di tempat ini terdapat sebuah umbul yang memiliki mata air yang alami. Setiap ada perayaan Trisuci Waisak di Candi Borobudur oleh umat agama Budha, air keberkahan selalu diambil dari Umbul Jumprit ini. Banyak yang memandang tempat ini sebagai sebuah tempat keramat. Hal itu tak lepas dari sejarah umbul Jumprit sendiri yang tak bisa dilepaskan dari sejarah Kerajaan Majapahit. Konon, tempat Umbul Jumprit ini dahulu sebagai tempat mengasingkan diri Pangeran Singonegoro beserta pengikutnya yang seorang Pangeran Majapahit karena tidak mau mengikuti kepemimpinan yang baru yang dipegang oleh Raden Patah di Demak Bintoro. Disekitar umbul juga terdapat sebuah hutan pinus yang sangat indah. Kamu dapat berfoto ria di tempat ini dengan pemandangan yang sangat memukau. Oh ya, alamat Curug Jumprit sendiri ada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung.

umbul jumprit
umbul jumprit (foto : http://www.wego.co.id)

6. Curug Surodipo

Kalau kamu menginginkan sebuah curug yang masih asri dan masih terjaga keasliannya maka kamu bisa mengunjungi Curug Surodipo di Temanggung Jawa Tengah. Tempat wisata Curug di Temanggung ini juga dikenal sebagai Curug Trocoh, alamatnya ada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dengan pemandangan di sekitar masih hijau dan indah. Nama Surodipo itu diambil dari nama salah satu pasukan Pangeran Diponegoro, yang waktu itu membangun benteng pertahanan di Desa Tawangsari ketika Perang Jawa berlangsung.

curug trocoh
curug surodipo (foto : http://pakmbius.blogspot.co.id)

7. Embung Tlogopucang

Selain Embung Kledung, di Kabupaten Temanggung terdapat embung lain yang juga memiliki pemandangan yang indah yaitu Embung Tlogopucang. Sesuai namanya, Embung Tlogopucang berada di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Teangung. Embung ini berada di kawasan perbukitan dan memiliki pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang Gunung Sindoro, Sumbing dan Gunung Prau. Sama dengan Embung pada umumnya, Embung ini berguna untuk menampung air limpasan dari air hujan sehingga agar tidak terjadi erosi, juga air yang tertampung dapat digunakan sebagai sarana irigasi tanaman klengkeng disekitarnya. Seiring berjalannya waktu karena pemandangannya yang indah, Embung Tlogopucang berubah menjadi tempat rekreasi di temanggung jawa tengah.

embung tlogopucang (foto : http://dewimawa.blogspot.co.id)

 

Wah, ternyata Kabupaten Temanggung di jawa tengah ini memiliki keindahan alam yang tidak kalah ya dengan daerah lain. Kamu sudah pernah mengunjungi 7 tempat Wisata di Temanggung tersebut belum? Ayo, tunggu apalagi? Keburu tua lo :p

About Maya Nirmala Sari

Foto Profil dari Maya Nirmala Sari
Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @nirmalamedia - IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari chanel youtube Maya Nirmala Sari / Nirmala-Media email : maei.nirmala@gmail.com / maya_nirmalasari@yahoo.co.id

Check Also

Trip Curug Putri Kencana Bogor part 2

Curug Putri kencana adalah salah satu Curug yang ada di Babakan Madang, Bogor Jawa Barat. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *