Home / Blog / Gunung / 7 Puncak Tertinggi Di Jawa Tengah Inceran Para Pencinta Ketinggian

7 Puncak Tertinggi Di Jawa Tengah Inceran Para Pencinta Ketinggian

Kegiatan mendaki gunung sepertinya semakin digemari oleh anak-anak muda. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya orang yang melakukan pendakian setiap hari serta munculnya banyak komunitas pendaki baru.

Di Jawa Tengah, ada beberapa gunung tertinggi yang selalu menjadi sasaran para pendaki. Dari gunung yang cocok untuk pendaki pemula sampai gunung yang termasuk salah satu gunung api berbahaya di Indonesia, ada disini. Lantas, gunung tertinggi apa sajakah itu? berikut ulasannya :

1. Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dan merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.432 mdpl. Gunung Slamet dapat didaki melalu 3 jalur, lewat jalur sebelah Barat Kaliwadas, lewat jalur sebelah selatan Batu Raden dan lewat jalur sebelah timur Bambangan. Dari ketiga jalur tersebut yang terdekat adalah lewat Bambangan, selain pemandangannya indah juga banyaknya kera liar yang dapat ditemui dalam perjalanan menuju ke puncak slamet.

2. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Berdiri tegak setinggi 3.371 meter dari permukaan laut, gunung ini terletak di tiga kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.  Gunung Sumbing adalah bagian dari gunung yang sering disebut dengan “Triple S” oleh para pendaki. Merujuk pada pada huruf depan nama gunung yakni Slamet, Sindoro dan Sumbing. Gunung Sumbing merupakan tetangga dekat dari Gunung Sindoro. Hampir mirip dengan Merapi dan Merbabu. Di tengah-tengah antara kedua gunung ini terdapat sebuah jalur propinsi yang menghubungkan kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Dari jalan ini Gunung Sindoro dan Sumbing terlihat seperti dua gunung kembar.

3. Gunung Sindoro

Gunung Sindara atau biasa disebut Sindoro dan ada juga yang menyebutnya Sundoro merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.150 meter diatas permukaan laut. Para pendaki Gunung Sindoro biasanya melakukan pendakian melalui jalur Kledung yang berada di kabupaten Temanggung. Waktu tempuh untuk sampai ke puncak Sindoro sekitar 5 hingga 6 jam.

4. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di jawa tengah dengan ketinggian 3.142mdpl pada puncak Kenteng Songo. Gunung Merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung dan “babu” yang berarti wanita. Terdapat 2 buah puncak yakni puncak Syarif (3119m) dan puncak Kenteng Songo (3142m). Puncak Gunung Merbabu dapat ditempuh dari Cunthel, Thekelan, Wekas atau dari Selo dan bisa juga dari Suwanting.

5. Gunung Merapi

Kawasan gunung dengan ketinggian 2.968 meter diatas permukaan laut ini, adalah salah satu gunung api teraktif di Indonesia, yang bagian selatannya berada di Sleman, Yogyakarta, bagian barat berada di Magelang, Jawa Tengah, utara dan timur berada di Boyolali, serta di bagian tenggara berada di Klaten. Kawasan gunung dengan ketinggian 2.968 meter diatas permukaan laut ini, adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004. Di kaki gunung Merapi terdapat pemukiman yang padat penduduk.

6. Gunung Prau

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.565 meter diatas permukaan laut ini, termasuk salah satu puncak di dataran tinggi Dieng, tepatnya di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki kawasan hutan yang masih asri, indah dan terjaga. Jalur pendakian di gunung ini relatif pendek dan mudah, sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula. Tapi, biarpun begitu Gunung Prau diklaim sebagai tempat terbaik se Asia Tenggara untuk melihat matahari terbit. Jalur pendakian yang paling terkenal yaitu Patak Banteng.

7. Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan memiliki ketinggian sekitar 2117 mdpl. Gunung ini memiliki 2 akses pendakian, yang pertama bisa melalui Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara dan Kecamatan Petungkriono Kabupaten Pekalongan. Gunung ini merupakan salah satu puncak di pegunungan Serayu Utara yang menjulang dari sebelah barat Dieng hingga sampai mendekati ke Gunung Slamet.

So, di level dunia kita mengenal istilah Seven Summits yang merujuk pada tujuh gunung tertinggi yang tersebar di tujuh benua. Tapi konsep Seven Summits ini juga dibawa ke Indonesia yaitu tujuh gunung tertinggi di Jawa Tengah.

About febeshinta

Foto Profil dari febeshinta
Instagram : @febe_shinta

Check Also

Liputan Trip : Pendakian Gunung Slamet Part 3 Via Blambangan

Keindahan Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3428 Mdpl ini membuat Backpacker Jakarta kembali mengadakan Trip …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *