Home / Blog / Gunung / 7 Puncak Gunung Tertinggi di Jawa Barat (7 Summits In West Java)

7 Puncak Gunung Tertinggi di Jawa Barat (7 Summits In West Java)

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki alam dan pemandangan yang indah untuk dikunjungi. Bentang alam yang dimiliki Jawa Barat begitu beragam. Terutama pegunungan yang merupakan bagian dari busur kepulauan gunung api aktif dan tidak aktif (Ring Of Fire) yang membentang dari ujung utara Pulau Sumatra hingga ujung utara Pulau Sulawesi.

Dalam dunia pendakian tentu kita sudah tak asing lagi dengan istilah Seven Summits, yang artinya tujuh puncak tertinggi. Tentunya kali ini saya akan membahas tujuh puncak tertinggi di Jawa Barat. Berikut adalah daftar tujuh puncak tertinggi di Jawa Barat :

Gunung Malabar di Bandung = 2,343 MDPL

Gunung Malabar merupakan sebuah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung dengan titik tertinggi 2,343 meter di atas permukaan laut. Malabar merupakan salah satu puncak yang dimiliki Pegunungan Malabar. Beberapa puncak yang lain adalah Puncak Mega, Puncak Puntang, dan Puncak Haruman.

tempatwisatadibandung

Sumber : tempatwisatadibandung

Gunung Patuha di Bandung = 2.386 MDPL

Gunung Patuha merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di wilayah Bandung Selatan Provinsi Jawa Barat, Tingginya 2.386 meter. Gunung patuha memiliki kawah yang sangat eksotik, yaitu kawah putih. Kawah yang terbentuk dari letusan gunung patuha itu memiliki dinding kawah dan air yang berwarna putih.

Gunung Papandayan di Garut = 2.665 MDPL MDPL

Gunung Papandayan adalah gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut. Pendakian Gunung Papandayan bisa didaki melalui daerah Cisurupan, Garut dan melalui Pangalengan, Kab. Bandung, namun memerlukan waktu tempuh yang agak lama. Keunikan gunung ini adalah pendakian dimulai dari tempat yang sudah tinggi yaitu sekitar 2200 Mdpl. Keindahan gunung ini bukan pada puncaknya, tetapi ada di Kawah, Hutan Mati, Pondok Seladah, dan Tegal Alun.

New Image1

Gunung Cikuray di Garut = 2.821 MDPL

Gunung Cikuray adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.

Gunung Gede di Bogor = 2.958 MDPL MDPL

Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 mdpl dan masuk ke dalam gunung tertinggi ke 3 di Jawa Barat. Gunung ini masih satu kompleks taman nasional dengan Gunung Pangrango. Gunung Gede merupakan gunung favorit para pendaki karena letaknya yang strategis diantara dua kota besar yaitu Jakarta dan Bandung. Gunung ini juga merupakan gunung favorit saya. Gunung yang pertama kali saya daki yang memberikan banyak pengalaman dan pelajaran. Namun sayang, makin banyak pengunjung makin terlihat kerusakan yang terjadi disana.

IMG-20160820-WA0020

Gunung Pangrango di Bogor = 3.019 MDPL

Gunung Pangrango terletak diantara 3 kabupaten di Jawa Barat, yaitu Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3019 mdpl yang merupakan gunung tertinggi ke 2 di Jawa Barat. Gunung Pangrango berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, letaknya bersebelahan persis dengan Gunung Gede.

IMG-20160820-WA0016

Gunung Ciremai di Kuningan, Cirebon = 3.078 MDPL

Gunung Ciremei secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet. Kini Gunung Ciremei termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare. Gunung ini dapat didaki melalui tiga jalur pendakian, antara lain Jalur Linggarjati, Jalur Palutungan yang berada di Kabupaten Kuningan, serta Jalur Apuy dari Kabupaten Majalengka.

IMG-20160820-WA0012

Sumber Informasi : http://www.kaskus.co.id/thread/542a943fa09a39c93d8b4572/7-puncak-gunung-tertinggi-di-jawa-barat-7-summits-in-west-java/

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

Keajaiban Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu Flores yang Kerennya Bikin Nyesel Untuk Dilewatkan

Merupakan gunung berapi yang terletak di Flores, NTT, gunung ini menyimpan pesona dan keindahan melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *