Home / Editor Picks / 7 Barang yang wajib kamu Miliki saat ingin menjadi Pendaki

7 Barang yang wajib kamu Miliki saat ingin menjadi Pendaki

Mulai menyukai aktivitas Pendakian ? atau kamu ingin menjadi seorang pendaki tapi bingung mesti gimana dan kudu bawa apa aja, Nah kamu wajib simak 7 hal yang wajib kamu punya khususnya buat pendaki pemula biar gak menyusagkan orang lain dan tentunya enggak menjadi pendaki kekinian.

1. Sleeping Bag / SB

Kamu pasti udah tau dong ya kalo Gunung itu pasti dingin. Yap dinginya gunung melebihi dinginya si gebetan yang bertahun2 digoda tapi kagak pernah peka 😔

foto : andymilnedesign.co

Nah makanya biar gak kedinginan dan kamu juga jomblo kamu wajib bawa selimut khusus Sleeping Bag atau SB. Ingat ya SB itu wajib hukumnya buat semua pendaki. Jadi kamu jangan sok kuat dan sok merasa kulit kamu tebel kaya badak. Apalagi km merasa udah terbiasa ngadepin si dia yang dingin km jadi mengabaikan dinginya gunung. Ingat Gunung lebih dingin ⛏

2. Matras

Matras itu sama kaya tikar atau alas tempat tidur khusus biar bobonya nyaman. Kan kamu tau tuh si dia lagi pacaran sama selingkuhanya jadi kamu butuh tempat bobo yang nyaman biar melupkanya.

foto : Cartenz.id

Matras ini selain sebagai alas buat bobo juga biar gak merembes karna lembab efek cuaca dingin di gunung. Bayangkan nieh ya, tenda aja kadang rembes jadi kalo ada matras buat alas bobo km juga biar kamu gak kena rembesan.

3. Headlamp / Senter

Gunung itu tinggi banget, jadi gakda orang sakti mandraguna yang bisa bikin tiang listrik dipuncak gunung. Jadi otomatis digunung itu Gelap gulita, yah gak jauh beda sama hidupmu saat terjerumus dalam lubang hitam duniawi 🔦

foto : google

Biar kamu bisa jalan dikegelapan dan gampang mencari barang2 rahasia yg kamu sembunyiin didalam gulungan2 kecil, headlamp ini sebagai penyelamat kamu nantinya. Ingat headlamp artinya senter di kepala… Karna kalo kamu bawa senter sambil nenteng2 pasti pegel jadi perlu headlamp biar sekalian bisa menjadi hiasan dikepala kamu. 💡

4. Sepatu & Sandal Gunung

Bapak presiden kita masih punya banyak kerjaan membuat jalan di daerah2 pelosok negri ini jadi belum kepikiran bikin jalan aspal kepuncak gunung. Nah tau dong artinya kalo kamu bakalan menemukan jalanan terjal, licin dan berliku2 . Makanya kamu wajib punya sepatu gunung yang didesign khusus biar kamu bisa menari2 cantik dan berlenggok lenggok disana.

foto : pethewele.blogspot.co

Sandal gunung juga perlu karna kalo km bawa sendal swalow pasti kamu masuk tv dan diliput media cem artis2 korea. Sandal gunung juga wajib karna didesign khusus buat medan pegunungan. Oh ya selain itu juga sepatu gunung itu bisa mnghindari dari batu batu tajam diperjalanan, digigit pacet yanh menggelikan kaya mantan yg jadian lagi ama mantanya iewww.

Sepatu aman saat jalur treking licin dan berbatu

Bisa juga untuk menghindari binatang2 lainya kaya kalo misal kamu gigit uler eh maksudnya digigit uler karna ga sengaja keinjek jadi kaki kamu aman.  Alesan lainya ya bisa juga biar kaki mulus kamu gak kebaret kena ranting2 batu atau apalah yang bakalan membuat kamu males naek gunung lagi. Plus biar ga kepeleset karna licinya medan jadi gak ada drama guling gulingan atau gendong gendongan di gunung.

5. Pakaian Khusus Gunung & Jaket tebal

Saltum alias salah kostum paling sering banget ditemukan di gunung2 . Biasanya pendaki pemula yang kadang mereka lebih memilih belajar angel dan gaya apa yang bagus buat di foto digunung biar kaya selebgram 👕

foto : Arstory.net

Jangan begitu yah, kamu anak gunung kudu dah harus tau kalo gunung itu bukan tempat main2. Kamu ga perlu bawa baju mahal kamu dengan berbagai merek, Cukup kamu bawa baju atau celana yang ringan dan gampang kering namun aman. Pakaian gunung bisa dibeli ditoko outdoor ya bukan ditoko barang brended.

Jaket Tebal membuat kamu nyaman dengan dinginya gunung

Pakaian gunung juga bertujuan biar kamu itu nyaman dan gak merepotkan barang bawaan kamu. Apalagi jika hujan atau terik panas pasti akan sangat membantu. Bayangkan jika kamu pakai jeans saat mendaki gunung dan tiba2 hujan, duh apa gak risih n linu kegesek2 gitu plus pastinya pakaian kamu jadi berat.

Semua pendaki gunung wajib punya jaket yang khusus diperuntukan buat pendakian. Artinya pilihlah jaket yang emang didesign khusus mengahdapi cuaca digunung yang bikin hangat kamu dan kalo bisa yang anti rembes saat dingin atau hujan.

6. Tas Gunung

Nah ini yang paling sering diabaikan para pendaki. Karna mereka males bawa berat2 dan males beli tas gunung akhirnya mereka suka bawa tas apa aja kegunung. 🎒 Pleas guys, tas gunung itu sangat penting loh, karna tas itu yang bakalan bawa semua kebutuhan kamu. Kalo keperluan kamu banyak maka tas kamu akan berat. Bayangkan saja jika kamu bawa tas biasa pasti kamu akan kelelahan dan punggung kamu jadi sakit.

foto : kabar-pendaki.blogspot.com

Tas gunung itu didesign khusus buat pendakian biar beban yang kamu bawa berkurang, tapi kamu jangan Berharap bisa mengurangi beban penderitaan hidup kamu yang menyedihkan itu. Tas gunung juga bisa disesuaikan dengan jumlah bawaan dan posisinya disesuaikan dengan kebutuhan pendakian. Selain itu juga tas gunung bisa bikin kamu terlihat keren loh makanya banyak digunung itu yang saling minjem tas buat dijadikan objek foto. Nah kalo km pembisnis yang ulung kamu bisa jual jasa foto bareng tas kamu yang ga sebarapa itu. 📷

7. Tenda

Pekerjaan berat yang perlu diinfokan buat para pendaki pemula itu adalah membeli tenda. Entah kenapa amat sulit buat ngasih tau ke mereka kalo mau jadi pendaki itu kudu punya tenda. Kamu tau kan tenda itu fungsinya buat apa ? Ya selain buat biar kamu bisa romantisan berdua juga bisa melindungi kamu dari hujan dan panas maupun gangguan binatang liar 🐍

foto : keywordsuggest.org

Kamu jangan merasa karna waktu sd atau sekolah sudah diajarin PMR n pramuka jadi ngerasa bisa mendirikan rumah2han diatas gunung. Ingat tenda itu hukumnya wajib loh buat yang hobi mendaki. Tenda itu ga semuanya mahal kok, banyak tenda yang kapasitasnya 2 orang dan harganya dibawah 300.000 yang bisa kamu cicil sampe 3 tahunan kalo kamu mau.

Kamu jangan biasakan ngandelin pendaki lain buat bawa tenda dan kamu dengan seenaknya numpang bobo manja ditendanya. Pendaki itu ga nyusahin orang hanya karna keegoisan kamu. Punya tenda sendiri juga bisa menjaga kamu dari be kejahilan atau niat jahat pendaki lainya misal. Siapa tau kalo km numpang bobo ditenda orang trus kamu dicolek2 atau kamu dijual atau bisa saja organ tubuhmu dijual kan sedih. Ingat ya beli tenda sendiri apalagi kamu yang sudah sering pergi2.

Mungkin 7 point diatas itu bisa menjadi refrensi kamu saat kamu memutuskan mau beralih profesi jadi pendaki. Sebenarnya banyak lagi point penting lainya yang wajib kamu tau biar kamu gak jadi pendaki kekinian yang abal abal hanya demi gaya gayaan. Perlengkapan lainya seperti Nesting, Kompor, Trackingpol sampai keperluan pribadi yang wajib dibawa.

 

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Website Kalian Mau Menjadi Publisher Google Adsense? Perhatikan Syaratnya

Mau agar website kalian menjadi Publisher Google Adsense (GA)? Pasti mau kan kan kan? Sekarang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *