Home / Blog / Tips Travelling / 101 Tips Bagi Pendaki Pemula

101 Tips Bagi Pendaki Pemula

“Minggu depan, ada pendakian andong nih. Ikut yuk?” “Nggak ah, gw nggak pernah naik gunung. Entar kalau kenapa-kenapa gimana??”. Akrab dengan percakapan ini? Kali ini kalian semua tidak perlu khawatir, kami akan memberikan tips trick buat para pendaki pemula.

Mendaki gunung bagi sebagian orang bagaikan kehidupan, berusaha keras didepan dan dibayar “kontan” setelah dipuncak, yang membuat mendaki gunung terasa lebih spesial karena kita terus menerus ketagihan. Nah sensasi seperti ini yang ingin kami bagikan kepada kalian yang belum pernah atau masih “newbie” dalam mendaki gunung (termasuk saya). Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui dan kalian kuasai sebelum ikut mendaki. Mari kita bahas satu persatu:

PILIH PENDAKIAN YANG TEPAT

Hal ini merupakan tahap awal, ketahuilah kemampuan tubuh kalian masing-masing. Kalian bisa menanyakan ke diri kalian sendiri, apakah saya bisa berjalan atau berlari jauh?, apakah saya mempunyai cedera lutut atau cedera persendian lainnya?, apakah saya menderita asma, alergi, dan masalah jantung lainnya?. Jika ada beberapa masalah medis lainnya, harap berkonsultasi dengan dokter anda sebelum memutuskan untuk mendaki.

CARI TEMAN UNTUK MENDAKI

Saya rasa, tidak ada enaknya jika kita mendaki sendiri dan bahkan jauh lebih berbahaya bagi pemula. Kalian tidak perlu khawatir karena BPJ jawaban yang tepat bagi kalian yang mencari teman untuk mendaki. Banyak para tetuah gunung di komunitas ini (semoga mereka nggak baca artikel ini ya, amin).

COBALAH UNTUK BERJALAN-JALAN DI TAMAN 

Hal ini untuk mengukur dan mendapatkan hasil yang lebih akurat, untuk pertanyaan pertama diatas tadi. Ini juga untuk melatih stamina dan fisik kalian sebelum pendakian yang sesungguhnya.

MULAILAH DARI LEVEL MUDAH

Jangan karena sudah bisa berlari jauh dan merasa stamina tubuh baik, kalian berpuas hati dan langsung mengikuti pendakian gunung yang levelnya untuk pendaki medium-hard. Hal ini malah hanya menambah “kerjaan” bagi sang penanggung jawab. Mulailah dengan gunung-gunung yang mudah dijangkau. Jika kalian tidak mengerti gunung apa yang baik untuk pemula, tanyakanlah ke ahlinya.

PERALATAN YANG WAJIB KENAKAN ATAU DIBAWA

Alas kaki, merupakan hal yang wajib kamu ketahui jenis dan kegunaannya. “Hiking boots” merupakan solusi terbaik walau masih ada beberapa yang memakai sendal gunung. Hiking boots melindungi dan nyaman bagi persendian. Sebelum membelinya ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui yaitu: Apakah saya mendaki ketempat yang basah atau dingin?, Seperti apa tipe mendaki yang akan saya lakukan?, Seperti apa kondisi medan disana?, Apakah saya mempunyai masalah pada persendian saya?. Ketahuilah jawabannya dan kalian bisa menjelaskan hal tersebut kepada penjual hiking boots dan mereka akan memberikan rekomendasi yang terbaik untuk kebutuhan kalian.

Selanjutnya adalah pakaian, hindari pemakaian katun karena susah kering jika terkena hujan, membuat badan lebih dingin dan meningkatkan resiko hipotermia (suhu tubuh dibawah suhu normal). Gunakanlah bahan sintetis atau wool.

  • Base layer: Jika kalian mendaki di cuaca yang umumnya panas, gunakan underwear sintesis. Jika di cuaca dingin, gunakan long thermal underwear.
  • Warm, insulating layer: Apakah kalian mempunyai fleece jacket? atau wool sweater? Keduanya ini sangat berfungsi baik untuk menahan panas tubuh dan memberikan kehangatan dicuaca dingin.
  • Waterproof/ wind-proof layer: Ini termasuk jaket hujan atau jaket angin dan celana hujan dan hiking. Jaket ini akan membuat kalian tetap hangat dan kering saat cuaca sedang hujan serta melindungi dari lumpur.
  • Socks: Gunakan kaos kaki dengan bantalan yang baik dan dengan sirkulasi udara yang baik yang akan melindungi kaki kalian dari lecet.

Selanjutnya, tas. Sesuaikan pilihan tas kalian dengan tipe pendakian yang akan kalian lakukan. Tas sederhana juga dapat digunakan selama dapat membawa makanan, minuman, baju ganti dan 10 HAL WAJIB DIBAWA SAAT MENDAKI (yang akan saya bahas di artikel lain).

MENDAKI DENGAN AMAN

Dengan selalu merencakan serta mempersiapkan dengan matang, seperti cuaca dan kondisi alam di tempat pendakian tersebut, termasuk potensial bahaya yang bisa terjadi di daerah tersebut. Buat dan bacalah serta ikuti aturan yang berlaku dari penanggung jawab kalian. Selalu berada di jalan pendakian, jangan keluar barisan, tentukan kecepatan kalian mendaki dan istirahat jika membutuhkan, selalu mendaki dengan orang-orang yang lebih berpengalaman, selalu berhati-hati dengan sekitar. Dan setelah selesai mendaki kalian harus tetap stretch, kompres es, dan perhatikan apakah ada luka.

ETIKA MENDAKI

Biarkan grup yang lebih kuat mendaki mendahului kalian dan jangan lupa bertegur sapa. Perhatikan tingkat keberisikan kalian, biarkan orang lain menikmati ketenangan selama mendaki serta hal ini memberikan waktu untuk anda juga untuk menikmatinya. Gunakan handphone kalian hanya saat emergency dan foto dipuncak. Jangan buang sampah, simpan sampah kalian di tas kalian dan buanglah ditempat tersedia.

Bagaimana? Mudah bukan? Selama kalian bisa berjalan, kalian bisa mendaki. Didukung dengan keinginan dan konsistensi dalam melatih stamina tubuh sebelum hari pendakian, saya rasa siapapun bisa mendaki. Karena sayang jika kalian melewatkan indahnya Indonesia dari ketinggian.

Selamat Menjelajah

 

Resources

http://www.wta.org/go-outside/basics/hiking-101-part-1-choosing-the-right-hike. http://www.wta.org/go-outside/basics/hiking-101-part-2-selecting-clothing-and-gear. http://www.wta.org/go-outside/basics/hiking-101-part-3-hiking-safely-and-politely. https://i.ytimg.com/vi/hnyMWzhYcxU/maxresdefault.jpg. http://www.indonesia.travel/uploads/d62fb88eb0cc76ee91acec90be51185ac40a42c5-c10da.jpg. 

About Gwendry

Foto Profil dari Gwendry
an realistic-optimistic-dreamer yet ambivert person who loves travelling

Check Also

Quality Time Bersama Backpacker Jakarta #21

Berikut adalah resume dari hasil sharing and discussion dalam Forum Quality Time bersama Cahyadi Arif @cahyadiarf, Pak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *